Jurnal : Penerapan Algoritma A* Pada Permasalahan Optimalisasi Pencarian Solusi Dynamic Water Jug

Jurnal : Penerapan Algoritma A* Pada Permasalahan Optimalisasi Pencarian Solusi Dynamic Water Jug

Jurnal : Penerapan Algoritma A* Pada Permasalahan Optimalisasi Pencarian Solusi Dynamic Water Jug
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma A*


ABSTRAK 

Pada penilisan skripsi ini penulis merancang Penerapan Algoritma A* pada Permasalahan Optimalisasi Pencarian Solusi Dynamic Water Jug dimana Optimalisasi itu sendiri adalah sebuah proses memodifikasi sistem untuk membuat beberapa aspek agar bekerja lebih efisien atau menggunakan resource (sumber) lebih sedikit. Sebuah program komputer di optimalisasi sehingga bisa menjalankan tugasnya lebih dengan cepat, atau mampu untuk beropersai dalam pengurangan sejumlah memory storage. Dalam optimalisasi permasalahan water jug dengan kemungkinan-kemungkinan terbaik dilakukan, optimalisasi bisa berarti permasalahan maksimalisasi, memaksimalkan pencapaian nilai terbaik atau permasalahan minimalisasi, meminimalkan biaya,waktu dan sebagainya. Dalam hal ini penulis menerapkan Algoritma A* sebagai salah satu Algoritma pencarian yang Complit dan Optimal yang dapat diterapkan dalam penyelesaian Optimalisasi pencarian solusi Water Jug.

Kata Kunci : Solusi, Optimalisasi, Water Jug, Algoritma A*.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Algoritma A*, Algoritma ini merupakan algoritma Best First Search yang menggabungkan Uniform Cost Search dan Greedy Best-First Search. Dimana Harga yang dipertimbangkan f(n) didapat dari harga sesungguhnya g(n) ditambah dengan harga perkiraan h(n). Dalam notasi matematika dituliskan: f(n) = g(n) + h(n). Masalah utama dalam membangun sistem berbasis AI adalah bagaimana mengkonversi situasi yang diberikan ke dalam situasi lain yang diinginkan menggunakan sekumpulan operasi tertentu Masalah water jug / wadah air adalah salah satu masalah yang membutuhkan konversi dari satu situasi menjadi situasi yang diinginkan dengan menggunakan sekumpulan operasi. Dari pendahuluan diatas maka masalah water jug ini dapat diselesaikan dengan algoritma penelusuran graf / node. Oleh karena itu untuk mencari solusi masalah ini dengan optimal dan komplit, penulis menerapkan algoritma A* (Star).



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma A*  ,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.