Jurnal : Implementasi Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Principal Component Analysis (PCA)

Jurnal : Implementasi Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Principal Component Analysis (PCA)

Jurnal : Implementasi Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Principal Component Analysis (PCA)
(Jurnal Teknik Informatika)

Principal Component Analysis (PCA)

ABSTRAK

Teknologi pengenalan wajah semakin banyak dimanfaatkan, antara lain untuk sistem biometric. Biometrik merupakan suatu teknologi pengenalan diri dengan menggunakan bagian tubuh seperti sidik jari dan tanda tangan. Sistem ini mencarian dan pengindeksan database dengan mengenali identitas seseorang secara otomatis dengan menggunakan teknologi komputer

Sistem biometrik ini juga digunakan dalam pendeteksian wajah (face detection) adalah satu tahap awal yang sangat penting sebelum di lakukan proses pengenalan wajah (face recognation). Pada kasus seperti pemotretan, untuk pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Ijin Mengemudi), dan kartu kredit. Citra yang didapatkan umumnya hanya berisi satu wajah dan memiliki latar belakang seragam dan kondisi pencahayaan yang telah diatur sebelumnya sehingga deteksi wajah dapat dilakukan dengan mudah.

Pengenalan wajah manusia merupakan salah satu bidang penelitian yang penting. Penelitian tersebut telah banyak di lakukan dengan kelebihan atau kekurangan tertentu. Dari sebuah wajah, banyak informasi yang didapat baik secara statis maupun dinamis, misalnya saja warna kulit, struktur tulang wajah, dan ekspresi wajah.

Keyword : Wajah, Jaringan saraf tiruan, Principal component analysis (PCA)


1. Pendahuluan

Teknologi pengenalan wajah semakin banyak dimanfaatkan, antara lain untuk sistem biometric. Pengenalan wajah manusia dalam gambaran visual dapat di implementasikan kedalam banyak aplikasiang mencakup pengenalan wajah, yang mengisyaratkan pemahaman, pengawasan yang dimonitoring oleh sebuah database manajemen video atau sistem keamanan seperti ijin akses, masuk ruangan, pengawasan lokasi (surveillance), maupun pencarian identitas individu database kepolisian dan sebagainya.

Berbagai macam algoritma telah dicapai dan dikembangkan yang dipakai untuk membandingkan antara algoritma satu dengan algoritma lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Metode Principal Component Analysis (PCA) merupakan salah satu metode implementasi yang banyak digunakan untuk pengenalan pola dan image coding. Sebagai pengklasifikasi wajah juga merupakan contoh sebuah pendekatan yang sudah mencapai penelitian tertentu. Algoritma yang sudah digunakan dalam jaringan saraf tiruan yaitu Principal Component Analysis (PCA) yang tujuan dalam penggunaannya untuk medeteksi keberadaan citra digital.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Principal Component Analysis (PCA) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.