Jurnal : Implementasi Algoritma Keyed-Hash Mesaage Authentication Code (HMAC) Pada Pesan Teks Berbasis Chatting

Jurnal : Implementasi Algoritma Keyed-Hash Mesaage Authentication Code (HMAC) Pada Pesan Teks Berbasis Chatting

Jurnal : Implementasi Algoritma Keyed-Hash Mesaage Authentication Code (HMAC) Pada Pesan Teks Berbasis Chatting
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma Keyed-Hash Mesaage Authentication Code


Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi, chatting sampai saat ini juga terus berkembang pesat dan sangat bervariasi dalam penggunaannya. Sebelumnya, chatting hanya digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, penggunaan chatting menjadi semakin meluas dan tidak terbatas hanya sebagai sarana komunikasi dua orang saja, tetapi dapat digunakan untuk konferensi dan bertukar informasi yang serius, misalnya tentang ekonomi, politik, dan sebagainya. Mekanisme yang menyediakan pemeriksaan integritas pesan berdasar atas kunci rahasia atau privat biasa disebut juga Message Authentication Code. Biasanya, Message Authentication Code digunakan ketika dua pihak berbagi sebuah kunci rahasia atau privat untuk melakukan autentikasi terhadap pesan yang ditransmisikan antar pihak tersebut. Ada beberapa jenis, Message Authentication Code (MAC), salah satunya adalah Keyed-hash Message Authentication Code (HMAC).

Kata kunci : Pesan, Chatting, HMAC


1. Pendahuluan

Pada masa sekarang, informasi adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Informasi menjadi barang yang perlu dilindungi dan dijaga dari pihak-pihak yang tidak berhak memilikinya. Informasi yang dijaga tersebut mencakup dokumen atau pesan komunikasi antar beberapa orang. Untuk dokumen, perlindungan yang perlu dilakukan adalah mencegah orang lain mendapatkan akses ke dokumen yang dimaksud. Sedangkan untuk pesan komunikasi, hal yang harus dilakukan adalah mencegah adanya penyusup ketika pesan dikirim, baik itu mengetahui isi pesan atau mengubah pesan asli. Pada saat ini juga penggunaan chatting menjadi semakin meluas dan tidak terbatas hanya sebagai sarana komunikasi dua orang saja, tetapi dapat digunakan untuk konferensi dan bertukar informasi yang serius, misalnya tentang ekonomi, politik, dan sebagainya. (Adi Nugroho, 2010, 25) Mekanisme yang menyediakan pemeriksaan integritas pesan berdasar atas kunci rahasia atau privat biasa disebut juga Message Authentication Code. Biasanya, Message Authentication Code digunakan ketika dua pihak berbagi sebuah kunci rahasia atau privat untuk melakukan autentikasi terhadap pesan yang ditransmisikan antar pihak tersebut. Ada beberapa jenis, Message Authentication Code (MAC), salah satunya adalah Keyed-hash Message Authentication Code (HMAC).


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal  Algoritma Keyed-Hash Mesaage Authentication Code,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.