Jurnal :Implementasi Algoritma FP-GROWTH Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor

Jurnal :Implementasi Algoritma FP-GROWTH Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor

Jurnal :Implementasi Algoritma FP-GROWTH Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma FP-GROWTH

ABSTRAK

Suatu sistem yang handal dibutuhkan untuk membantu menentukan banyaknya persediaan untuk perusahaan atau organisasi agar menghasilkan informasi berkualitas. Informasi itu dapat memebantu manusia dalam mengambil sebuah keputusan ataupun suatu kebijakan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam menentukan banyaknya persediaan yang disediakan adalah data mining. Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data yang dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat dan pengetahuan. Ada banyak algoritma yang terdapat di dalam data mining, salah satunya algoritma fp-growth. Algoritma fp-growth adalah salah satu algoritma terpopuler untuk menemukan sejumlah frequent itemset dari data-data transaksi. Melalui proses mining dengan algoritma fp-growth ini maka akan di peroleh jenis sepeda motor mana yang lebih banyak terjual, dan berapa banyak persediaan yang di perlukan perusahaan untuk menyediakan sepeda motor. Karena banyaknya persediaan mempengaruhi modal yang harus di keluarkan untuk persediaan dan perawatan. Persediaan yang terlalu banyak akan memakan banyak tempat dan mengurangi laba.

Kata kunci : Persediaan , Sepeda motor, Data mining, Algoritma FP-Growth


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Sepeda Motor merupakan salah satu produk transportasi yang pertumbuhannya amat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Perkembangan yang begitu cepat dengan tingkat persaingan yang semakin berat mengarahkan setiap Perusahaan harus memandang kedepan dalam menentukan langkahnya dan bagaimana usaha dan cara untuk mencapainya. Persediaan (inventori) merupakan permasalahan operasional yang sering dihadapi oleh perusahaan. Jika jumlah persediaan terlalu sedikit dan permintaan tidak dapat dipenuhi karena kekurangan persediaan, maka akan mengakibatkan konsumen merasa kecewa dan dan ada kemungkinan konsumen tidak akan kembali lagi. Begitu pula jika persediaan terlalu banyak, maka akan mengakibatkan kerugian dan harus menyediakan tempat yang luas, juga harus menyediakan tambahan yang terkait seperti biaya pemeliharaan dan biaya akuntansi. Persediaan merupakan salah satu asset terpenting dalam banyak perusahaan karena nilai persediaan mencapai 40% dari seluruh investasi modal.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma FP-GROWTH,Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.