Jurnal : Data Mining Perkiraan Pruduksi Spanduk Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Data Mining Perkiraan Pruduksi Spanduk Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Data Mining Perkiraan Pruduksi Spanduk Dengan Algoritma Apriori


Abstrak 

Data semakin lama akan bertambah semakin banyak. Jika di biarkan saja, maka data-data transaksi tersebut hanya menjadi sampah yang tidak berarti. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengolah data. Data mining sering juga disebut knowledge discovery in database (KDD), adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian, data historis untuk menentukan keteraturan, pola atau hubungan dalam set data yang berukuran besar. Keluaran dari data mining bisa dipakai untuk memperbaiki pengambialan keputusan dimasa depan. Algoritma apriori adalah algoritma yang peling terlkenal unuk menemukan pola frekuensi tinggi.Algoritma apriori dibagi menjadi beberapa tahap disebut narasi atau pass. Pembentukan kandidat itemsets, kandidat k-itemsets dibentuk dari kombinasi (k-1)-itemsets yang didapat dari iterasi sebelumnya. Satu cara dari algoritma apriori adalah adanya pemangkasan kandidat k-itemset yang subset-nya yang berisi k-1 item tidak termasuk dalam pola frekuensi tinggi dengan panjang k-1. 

Kata kunci : Apriori, Perkiraan, Data Mining 


Pendahuluan 

Sebagai contoh CV. Menteri Persada Medan, yang memproduksi barang-barang promosi seperti spanduk. Dalam penentuan jumlah produksi spanduk, dilihat dari jenis bahan yang digunakan, banyaknya tinta yang dipakai dan ukuran yang dari spanduk yang ingin dicetak, kemudian dapat ditetapkan harga dan jumlah spanduk yang akan diproduksi. Adanya kegiatan operasional sehari-hari data semakin lama akan bertambah semakin banyak. Jika dibiarkan saja, maka data-data transaksi tersebut hanya menjadi sampah yang tidak berarti. Dengan adanya dukungan perkembangan teknologi, semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengolah data. Pemanfaatan informasi dan pengetahuan yang terkandung di dalam banyaknya data tersebut, pada saat ini disebut dengan data mining. Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu sekumpulan data. Data mining juga sering disebut juga sebagai knowledge discovery in database (KKD). KKD adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data, histori untuk menemukan keteraturan, pola hubungan dalan set berukuran besar. 

Peneliti : Dewi Puspita Sari

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Data Mining Perkiraan Pruduksi Spanduk Dengan Algoritma Apriori


Keywords : Jurnal Dengan Algoritma Apriori, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.