Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK) Dengan Metode TOPSIS

Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK) Dengan Metode TOPSIS

Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK) Dengan Metode TOPSIS
(Jurnal Teknik Informatika)


Jurnal : Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK) Dengan Metode TOPSIS


ABSTRAK

Sejauh ini beberapa mekanisme pengambilan keputusan pemberian kredit masih dikerjakan secara manual serta penilaian yang dilakukan tiap petugas dilapangan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, maka dirasa perlu untuk membangun suatu sistem yang dapat membantu pihak penyedia kredit memberikan keputusan secara tepat dan sesuai. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima pinjaman maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk sistem pendukung keputusan adalah dengan menggunakan
metode TOPSIS. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan
kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode TOPSIS untuk melakukan perhitungan pada kasus tersebut. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima pinjaman berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil dari proses pengimplementasian dapat mengurutkan alternatif dari nilai yang terbesar hingga kenilai yang terkecil.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Kredit.


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Koperasi adalah badan hukum yang berdasarkan atas asas kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterahkan anggotanya. Banyak jenis dari koperasi salah satunya adalah koperasi simpan pinjam dimana selain tempat menyimpan, koperasi juga melayani pinjaman atau kredit kepada nasabah yang pinjaman tersebut berupa uang dimana para nasabah sering meminjam sejumlah uang untuk modal membuka usaha atau kerja.

Jenis kredit yang digunakan adalah jenis kredit menurut waktu yang pengembaliannya memerlukan jangka waktu pendek, menengah dan panjang. Di dalam jangka waktu tersebut koperasi juga sering menghadapi “resiko kredit” dalam hal misalnya koperasi tidak menerima pembayaran dimuka ataupun sering terjadinya penunggakan atau keterlambatan dalam pembayaran dikarenakan berbagai alasan para nasabah.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Topsis, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.