Pohon Keputusan Decision Tree

Pohon Keputusan Decision Tree

 

 
Pohon Keputusan Decision Tree

Pohon Keputusan (Decision Tree)

Salah satu teknik klarifikasi yang akan dipelajari pada bab ini adalah pohon keputusan (decision tree). Pohon (tree) adalah sebuah struktur data yang terdiri dari simpul (node) dan rusuk (edge). Simpul pada sebuah poho dibedakan menjadi tiga, yaitu simpul akar (root node), simpul percabangan/internal (branch/internal node) dan simpul daun (leat node).
Pohon keputusan merupakan representasi sederhana dari teknik klarifikasi untuk sejumlah kelas berhingga, dimana simpul internal maupun simpul akar ditandai dengan nama atribut, rusuk-rusuknya diberi label nilai atribut yang mungkin dan simpul daun ditandai dengan kkelas-elas yang berbeda.

Sebagai gambaran/studi kasus:
  • Dari 1.954 calon mahasiswa yang diterima di PTS XYZ pada 2009-2010, 498 calon mhs mengundurkan diri.
  • Hal tersebut, artinya 25,5 % calon mahasiswa yang mungkin potensial tidak mampu dipertahankan
  • Salah satu cara untuk melakukan analisis kemungkinan pengunduran diri seorang calon mahasiswa baru adalah 
  • Dengan melakukan  klasifikasi dari kumpulan data calon mahasiswa yg ada.
Salah satu model klasifikasi yaitu pohon keputusan. Pohon keputusan merupakan metode klasifikasi dan prediksi yg sangat kuat dan terkenal metodenya mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang mempresentasikan aturan. Dan aturan tersebut dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa alami.Dapat pula diekspresikan dalam bentuk bahasa basis data SQL untuk mencari record pada kategori tertentu.

Pohon keputusan juga berguna untuk : 

  •  Mengeksplorasi data.
  •  Menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input dengan sebuah variabel target.
  • Sangat bagus sebagai langkah awal dalam proses pemodelan bahkan ketika dijadikan sebagai model akhir dari beberapa teknik lainnya.
Sebuah model pohon keputusan terdiri dari sekumpulan aturan untuk membagi sejumlah populasi yang heterogen menjadi lebih kecil, lebih homogen dengan memperhatikan pada variabel tujuannya. Data pada pohon keputusan biasanya dinyatakan dalam bentuk tabel dengan atribut dan record atribut menyatakan suatu parameter yang dibuat sebagai kriteria dalam membentuk pohon.


Kata Kunci : Pohon Keputusan Decision Tree, algoritma decision tree, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.