Jurnal : Ilmplementasi K-Nearest Neighbor untuk Mengenali Pola Citra dalam Mendeteksi Penyakit Kulit

Jurnal : Ilmplementasi K-Nearest Neighbor untuk Mengenali Pola Citra dalam Mendeteksi Penyakit Kulit

Jurnal : Ilmplementasi K-Nearest Neighbor untuk Mengenali Pola Citra dalam Mendeteksi Penyakit Kulit

Abstrak 

Manusia memiliki kemampuan untuk mengklasifikasikan gambar ke dalam kelas yang sesuai. Kemampuan ini akan sangat berguna bila diterapkan dalam pada mesin seperti komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan k-Nearest Neighbor (k-NN) dan Gray Level Coocurence Matrix (GLCM) pada Matlab agar bisa mengklasifikasikan gambar penyakit kulit ke dalam 3 kelas yang telah ditentukan yaitu sehat, panu dan skabies menggunakan analisis tekstur. Dataset berjumlah 70 citra untuk tiap kelas sehingga jumlah dari seluruh kelas adalah 210 citra. Citra yang berupa RGB 50 x 50 piksel diubah menjadi grayscale kemudian hasil data grayscale discaling menjadi 6 level dan dicari GLCM dengan derajat arah 0°, 45°, 90°, 135° dan jarak piksel 1, 2, 3, 4, 5 sesuai dengan uji coba. Kemudian diekstrak fitur-fitur yang terdapat dalam gambar. Fitur yang digunakan di penelitian ini adalah kontras, korelasi, energi dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan 60 kali uji coba. Uji coba ini dilakukan dengan mencari akurasi klasifikasi dari setiap kemungkinan kombinasi sudut, jarak dan jumlah data training dan testing yang berbeda-beda. Kemudian dicari rata-rata dari semua uji coba berdasarkan sudut, jarak dan jumlah data training dan testing sehingga dapat diketahui pengaruh ketiganya terhadap akurasi klasifikasi. Pada hasil klasifikasi didapatkan akurasi tertinggi dengan menggunakan sudut 45°, jumlah data training dan testing 150 dan 60 serta jarak 3 piksel. 

Kata kunci: k-Nearest Neighbor, GLCM, Matlab, Klasifikasi 


Pendahuluan 

Penglihatan manusia dapat melakukan hal-hal yang menakjubkan seperti mengenali orang/objek, navigasi dalam menghindari rintangan ataupun mengenali mood di dalam sebuah adegan. Lain halnya dengan mesin yang dalam konteks ini adalah komputer. Untuk meniru penglihatan seperti manusia, komputer memerlukan sensor yang berfungsi layaknya mata pada manusia dan program komputer yang berfungsi sebagai pemroses data dari sensor. Computer vision merupakan ilmu yang menggunakan image processing untuk membuat keputusan berdasarkan citra yang didapat dari sensor [1], [2], [3]. Dengan kata lain computer vision bertujuan untuk membangun sebuah mesin pandai yang dapat melihat. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling utama yang perlu diperhatikan. Kulit juga merupakan organ tubuh paling besar yang melapisi seluruh bagian tubuh, membungkus daging dan organ-organ yang ada di dalamnya. Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh dari berbagai macam gangguan dan rangsangan dari luar. Mengingat pentingnya kulit sebagai pelindung organ-organ tubuh di dalamnya, maka kulit perlu dijaga kesehatannya. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa download jurnal nya di link berikut :

Jurnal : Ilmplementasi K-Nearest Neighbor untuk Mengenali Pola Citra dalam Mendeteksi Penyakit Kulit


 Kata Kunci : Jurnal K-Nearest Neighbor,Jurnal Data Mining, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.