Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta Jamkesmas Dengan Metode Simple Additive Weighting

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta Jamkesmas Dengan Metode Simple Additive Weighting

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta Jamkesmas Dengan Metode Simple Additive Weighting

ABSTRAK 

Desa Dalu Sepuluh A berada di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara dengan luas wilayah ±530 Ha dan jumlah penduduk yang ada di desa Dalu Sepuluh A ini berjumlah 7.274 jiwa. Peningkatan pencapaian program dan pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat masih harus tetap dilakukan sesuai target yang telah ditetapkan, salah satunya dalam pemberian dan pelayanan jamkesmas.Untuk menentukan peserta jamkesmas yang objectif, maka proses penentuan peserta jamkesmas harus berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam penentuan peserta jamkesmas yang berbasis komputerisasi sehingga dapat menyeleksi setiap calon peserta. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternatif aplikasi sistem yang membantu dalam mengambil keputusan untuk penentuan peserta jamkesmas. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah suatu metode yang menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak menjadi peserta jamkesmas berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. 

Kata kunci: Penentuan Peserta Jamkesmas, SPK, SAW 


Pendahuluan 

Jaminan kesehatan masyarakat atau disebut dengan jamkesmas merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjamin akses penduduk miskin terhadap pelayanan kesehatan, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H, yang menetapkan bahwa kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan semua warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk masyarakat miskin. Seiring keberhasilan yang telah dicapai pada program Jamkesmas ini, masih ada permasalahan yang perlu dibenahi, salah satunya dalam hal penentuan peserta Jamkesmas itu sendiri. Karena saat ini banyak Jamkesmas yang dinilai tidak tepat sasaran, dimana masih banyak orang yang seharusnya berhak, justru tidak mendapatkan jamkesmas tersebut, begitu juga sebaliknya. Selama ini kepesertaan Jamkesmas ditetapkan langsung oleh Pemerintah Daerah. Hal ini berdampak adanya subjektifitas di dalam penentuan peserta Jamkesmas, terutama jika beberapa calon peserta yang ada memiliki tingkat kelayakan yang tidak jauh berbeda. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :


Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peserta Jamkesmas Dengan Metode Simple Additive Weighting


Keywords : Jurnal Metode Simple Additive Weighting, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.