Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan  Tetap Dengan Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan  Tetap Dengan Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)


ABSTRAK 

Perkembangan teknolog iinformasi Saat ini membutukan informasi yang cepat dan akurat dalam implementasinya. Pengangkatan Karyawan yang berkinerja baik dengan dukungan sistem pendukung keputusan merupakan salah satu implementasi perkembangan teknolog informasi. Penelitian yang menggunakan metode AHP dalam sistem pendukung keputusan ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pengangkatan yang bisa digunakan pada Perusahaan. Kriteria yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penilaiankinerja Karyawan ini adalah :Kualitas Kerja Karyawan.Hasil penelitian ini adalah menghasilkan urutan rangking dari calon guru yang memiliki kinerja yang baik yang telah diseleksi, dan output dari aplikasi tersebut dapat membantu pengambil keputusan (decision maker) dalam memilih alternatif pengangkatan Karyawan. Aplikasi pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.Net.2008 dan database menggunakan Mysql. 

Kata Kunci :Sistem Pendukung Keputusan, Metode AHP, Pengangkatan Karyawan. 


PENDAHULUAN 

Keberhasilan suatu perusahaan baik besar maupun kecil bukan sematamata ditentukan oleh sumber daya alam yang tersedia, akan tetapi banyak ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan sumbangan yang terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Untuk itu perusahaan perlu melakukan penilaian atas kinerja para karyawannya.Kecepatan dan validitas dalam mengolah informasi tersebut di atas merupakan syarat utama untuk mendukung keputusan pengangkatan karyawan tetap. sehingga sistem pendukung keputusan yang digunakan juga harus memiliki perencanaan secara komprehensif dan terpadu untuk mengecilkan tingkat resiko kegagalan pengembangan dan pemilihan keputusan, untuk itu sebuah perusahaan harus berhati-hati untuk menyeleksi dalam pengangkatan karyawan tetap.Dalam meningkatkan kinerja karyawan PT. Perkebunan Lembah Bakti melakukan Pemilihan karyawan tetap dengan cara priode. Yang dimaksid dengan cara priode adalah bertahap, tetapi belum optimal dalam pelaksanaannya. Kenapa dibilang belum optimal karena cara pengangkatan karyawannya tidak propesional, dalam memgangbil suatu keputusan layak atau tidaknya calon karyawan diangkat sesbagai karyawan tetap diperusahaan tersebut. karena banyaknya calon karyawan yang harus diseleksi satu persatu berbagai kriteria-kriterianya untuk diangkat menjadi karyawan tetap. Hal ini menjadi kendala PT. Perkebunan Lembah Bakti untuk mengambil suatu keputusan. 

Peneliti : Edianto Berutu

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan  Tetap Dengan Metode Analytic Hierarchy Process  (AHP)


Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) , sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.