Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis

Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis
(Jurnal Teknik Informatika)


 Pendukung Keputusan pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis


ABSTRAK

Dewasa ini banyak merek laptop dengan beragam spesifikasi yang dijual dipasaran membuat pengguna menjadi kesulitan dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan dan anggaran mereka. Sejalan dengan itu juga penggunaan komputer juga meningkat, salah satunya adalah penggunaan komputer dalam memberikan keputusan terbaik pada suatu masalah, dalam hal ini adalah masalah pemilihan laptop. Sehubungan dengan hal diatas, maka dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan laptop agar pengguna dapat menentukan pilihan laptop dengan tepat sesuai dengan keinginan dan anggarannya. Metode yang digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan pemilihan laptop adalah dengan menggunakan metode Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah laptop terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil dari proses pengimplementasian metode dan TOPSIS dapat mengurutkan alternatif dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Topsis , Spesifikasi Laptop, Kriteria

1. Pendahuluan
Sistem pendukung keputusan (SPK) atau sering disebut DSS (Decision Support System) merupakan
salah satu cabang keilmuan di bidang kecerdasan buatan (Artifical Intelligence) yang merupakan bagian
dari sistem informasi berbasis komputer. Dimana aplikasi komputer tersebut mengeluarkan keputusan untuk menjadi pertimbangan user atau pemakai. SPK merupakan proses pemilihan alternatif tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pendekatan sistematis
terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan  faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Metode yang dipakai dalam sistem pendukung keputusan pemilihan laptop ini adalah Technique For
Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS). TOPSIS merupakan suatu bentuk metode
pendukung keputusan yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki
jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif yang dalam hal ini akan memberikan rekomendasi pemilihan laptop yang sesuai dengan yang diharapkan. Konsep ini banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis. Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana (Kusumadewi, 2006). Konsep fundamental dari metode ini adalah penentuan dari jarak Euclide terpendek dari solusi ideal positif dan jarak.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Topsis, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.