Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tenaga Pengajar Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tenaga Pengajar Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tenaga Pengajar Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW)
(Jurnal Teknik Informatika)

 Metode Simple Additive Weight (SAW)

ABSTRAK

Penerimaan guru yang ditawarkan kepada para calon guru sangat beragam. Terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam penerimaan calon guru. Kriteria tersebut adalah tujuan penerimaan guru baru. Penerimaan calo guru termasuk dalam permasalahan multiple criteria decision making karena terdapat lebih dari satu pilihan untuk memenuhi kriteria tersebut. 

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan multiple criteria decision making adalah metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode SAW merupakan metode pengambilan keputusan multi kriteria yang menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan jarak terjauh dengan solusi ideal negatif.

Langkah-langkah yang digunakan dalam metode SAW adalah proses perhitungan matriks normalisasi, proses perhitungan matriks normalisasi berbobot, proses penentuan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, proses perhitungan jarak pisah setiap alternatif terhadap solusi ideal, dan proses perhitungan nilai preferensi setiap alternatif. Hasil dari proses perhitungan metode SAW adalah berupa informasi suatu peneriamaan guru yang paling mendekati pilihan yang diinginkan oleh para calon guru  

Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Penentuan Penerimaan, SAW, Calon Guru

1. PENDAHULUAN
1.1. latar Belakang Masalah

Sistem pndukung keputusan merupakan sistem informasi interakif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data, Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, di mana tidak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnnya dibuat, Sistem pendukung keputusan biasanya dibangun untuk mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk mengevaluasi suatu peluang. Sistem pendukung keputusan yang seperti itu disebut aplikasi sistem pendukung keputusan. Apikasi sistem pendukung keputusan digunakan dalam pengambilan keputusan. Aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan Computer Based Information Systems (CBIS) yang dapat diadaptasi dan dapat dikembangkan untuk mendukung solusi atas masalah manajemen spesifik yang tidak terstruktur 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weight (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.