gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal: PENENTUAN BESAR PINJAMAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR

Post a Comment
Jurnal: PENENTUAN BESAR PINJAMAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi saat ini memungkinkan penyimpanan data dalam skala yang sangat besar. Melimpahnya data menjadi tantangan dalam dunia teknologi informasi, termasuk perbankan, untuk tidak hanya mendapatkan informasi saja, tetapi juga menemukan pola untuk menghasilkan pengetahuan. Data mining merupakan kegiatan menemukan pengetahuan dari sejumlah data yang sangat besar. Dengan memanfaatkan data pinjaman anggota, data mining dapat membantu pengambilan keputusan besar pinjaman bagi anggota koperasi simpan pinjam. Algoritma data mining yang digunakan untuk membangun aplikasi data mining adalah k-nearest neighbor (kNN). KNN digunakan untuk mengklasifikasikan besar pinjaman anggota berdasarkan jarak kedekatan atribut. Percobaan menggunakan 25 sampel data dengan nilai k=8 dan k=12 menghasilkan akurasi sebesar 84%. Hasil proses mining dapat digunakan untuk membantu pegawai koperasi simpan pinjam dalam menentukan besar pinjaman bagi anggotanya.

Kata kunci : data mining, k-Nearest Neighbor, penentuan besar pinjaman 


Pendahuluan

Kemajuan dalam bidang teknologi memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat. Kemajuan tersebut memungkinkan penyimpanan data dalam skala yang sangat besar. Melimpahnya data menjadi tantangan dalam dunia teknologi informasi untuk tidak hanya mendapatkan informasi saja, tetapi juga menemukan pola untuk menghasilkan pengetahuan. Proses menganalisis data untuk menemukan pola yang tersembunyi yang dapat dijadikan pengetahuan merupakan pengertian dari data mining[7]. Data mining dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pengelompokan, klasifikasi, prediksi, dan lain sebagainya. Beberapa teknik data mining yang umum digunakan diantaranya regresi, decision tree, jaringan syaraf tiruan, k-nearest neighbor, dan naïve bayes. 

Proses data mining sudah banyak diterapkan dalam bisnis perusahaan. Hal tersebut ditunjang oleh ketersediaan data. Tidak terkecuali dalam bidang perbankan dan koperasi simpan pinjam, data mining sudah digunakan untuk membantu penentuan pemberian kredit, memprediksi penunggakan kredit oleh nasabah dan lain sebagainya.

Peneliti: Abidah Elcholiqi

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:

Jurnal: PENENTUAN BESAR PINJAMAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR


Related Posts

Post a Comment