gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Simulasi Animasi 2D Tata Cara Pemberian Suara Pada Pemilihan Umum Menggunakan Metode ROTOSCOPING

Post a Comment

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Simulasi Animasi 2D Tata Cara Pemberian Suara Pada Pemilihan Umum Menggunakan Metode ROTOSCOPING
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode ROTOSCOPING
ABSTRAK

Dalam konteks demokrasi, pemilihan umum merupakan hujud dari demokrasi. Baik pemilihan legeslatif, presiden, wakil presiden hingga kepala daerah, baik pemilihan langsung maupun pemilihan tidak langsung.

Penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia tidak dipungkiri terdapat permasalahan yang ada baik dalam penyelenggaraan, sosialisasi tata cara pemberian suara, dan perhitungan suara. Terfokus pada sosialisasi tata cara pemberian suara permasalahan yang sering dihadapi adalah lokasi yang dituju untuk pelaksanaan sosialisasi dan kurangnya sarana sosialisasi. 



Berkaitan dengan sarana sosialisasi, multimedia merupakan solusi yang kongkrit yang dapat dikembangkan seperti simulasi animasi. Animasi pada saat ini tidak hanya dimanfaatkan untuk dunia hiburan, tetapi animasi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, simulasi hingga media komersial. Dalam perancangan animasi banyak metode-metode yang digunakan seperti Rotoscoping yang dapat mempermudah animator dalam penggambaran objek-objek animasi.

Kata Kunci : Simulasi, Multimedia, Animasi, Rotoscoping

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Kemajuan dunia teknologi komputer yang berkembang begitu pesat mencerminkan kemajuan peradaban manusia yang semakin maju, dimana komputerisasi menjadi sarana instan yang sangat membantu manusia dalam melaksanakan aktifitasnya. Contoh terapan komputerisasi yang populer saat ini ialah animasi, dimana animasi pada saat ini bukan hanya berupa tayangan hiburan saja bahkan sudah merambah kedunia kerja, media informasi, iklan komersial dan pendidikan, dengan merancang animasi sebagai sarana pertukaran informasi, sarana media pembelajaran serta media simulasi kerja ataupun kegiatan manusia.

Indonesia adalah salah satu negara yang menjunjung tinggi demokrasi, dihujudkan dengan diadakan pemilihan langsung anggota lembaga legeslatif serta presiden dan wakil presiden. KPU (Komisi pemilihan Umum) adalah lembaga negara yang bertugas dan menanggungjawapi seluruh aspek-aspek dalam pelaksanaan pesta demokrasi Indonesia, baik dalam aspek logistik, sosialisasi tata cara pemberian suara.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode ROTOSCOPING, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.






Related Posts

Post a Comment