Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani
(Jurnal Teknik Informatika)


Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Metode Fuzzt Mamdani (Jurnal Teknik Informatika)

ABSTRAK

Selain teknologi yang dapat membantu manusia mempermudah segala bentuk pekerjaan yang dilakukan dibutuhkan juga sumber daya manusia yang baik, dan tentunya memiliki keseimbangan pola hidup antara asupan gizi dengan kebutuhan tubuh.

Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.

Dengan perancangan sistem ini, dapat lebih mudah dalam memantau tumbuh kembang kesehatan balita dan untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan penanganan gizi buruk pada balita.Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah, yang cocok untuk diimplementasikan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multi channel atau work station berbasis akuisisi data, dan sistem kontrol. Metodologi ini dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Dalam logika klasik dinyatakan bahwa segala sesuatu bersifat biner, yang artinya adalah hanya mempunayai dua kemungkinan, “Ya” atau “Tidak”, “Benar” atau “Salah”, “Baik” atau “Buruk”, dan lain-lain.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Gizi Buruk Balita, Fuzzy Mamdani


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah
Selain teknologi yang dapat membantu manusia mempermudah segala bentuk pekerjaan yang dilakukan dibutuhkan juga sumber daya manusia yang baik, dan tentunya memiliki keseimbangan pola hidup antara asupan gizi dengan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang tentunya memiliki pengetahuan yang tinggi, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gizi buruk adalah suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status gizi atau nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Nutrisi yang dimaksud bisa berupa protein, karbohidrat dan kalori. Di Indonesia, kasus KEP (Kurang Energi Protein) adalah salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita. Dampak gizi buruk dapat mengakibatkan balita tersebut kurang cerdas, berat badan dan tinggi badan pada umur dewasa menjadi lebih rendah dari yang normal, bahkan dapat mengakibatkan kematian apabila tidak segera ditanggulangi.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Mamdani, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.