gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pakar Dalam Menentukan Tingkat IQ Anak Yang Mengalami Reterdasi Mental Dengan Metode Certainty Factor

Post a Comment
Jurnal : Sistem Pakar Dalam Menentukan Tingkat IQ Anak Yang Mengalami Reterdasi Mental Dengan Metode Certainty Factor


ABSTRAK 

Perkembangan teknologi yang sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin banyak dapat memungkinkan untuk digunakan sacara luas di berbagai bidang seperti dalam dunia bisnis, kesahatan, pendidikan dan perkantoran. System pakar (expert system) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk masalah-masalah dalam suatu domain yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu sehingga dalam program computer keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas. Pada proposal skripsi ini yang dibahas adalah penerapan metode certainty factor untuk menentukan anak yang mengalami reterdasi mental, menggunakan bantuan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio dot Net 2008 dengan database Microsoft Access, diharapkan dapat memberikan hasil dalam menentukan anak yang mengalami reterdasi mental dengan metode certainty factor. 

Kata kunci : sistem pakar, tingkat IQ, reterdasi mental, certainty factor. 

Pendahuluan 

Sistem pakar (expert system) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi untuk masalah-masalah dengan kualitas pakar. Sistem pakar merupakan program komputer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu. Implementasi sistem pakar dapat diterapkan dalam dunia kesehatan selain sebagai media informasi bagi masyarakat terutama pada penderitaan IQ (Intelligence Quotient) dibawah normal, dan juga sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Pengetahuan yang disimpan di dalam sistem pakar umumnya diambil dari seseorang manusia yang pakar dalam masalah tersebut dan sistem pakar itu berusaha meniru metodelogi dan kinerjanya (performance). Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang kesehatan yaitu sistem pakar untuk menentukan tingkat IQ (Intelligence Quotient) anak pada Karya Murni mempunyai siswa-siswi yang berbeda-beda latar belakang, sehingga kemampuan dalam membaca, maupun bersosialisasi berbeda-beda. 

Peneliti : Feresi Daeli

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Sistem Pakar Dalam Menentukan Tingkat IQ Anak Yang Mengalami Reterdasi Mental Dengan Metode Certainty Factor


Keywords : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment