gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Akhir menentukan Tingkat Depresi Mahasiswa Semester Akhir Menggunakan Metode Certainty Factor

Post a Comment
Jurnal : Sistem Akhir menentukan Tingkat Depresi Mahasiswa Semester Akhir Menggunakan Metode Certainty Factor

Abstrak

Pengertian Depresi adalah seseorang dikatakaa depresi apabila aktifitas fisiknya menurun, berpikir sangat lamban dan diikuti oleh perubahan suasana hati. Sesorang yang mengalami depresi memiliki pemikiran yang negatif terhadap dirinya sendiri, terhadap masa depan, dan ingatan mereka menjadi lemah, serta kesulitan dalam mengambil keputusan. Sebenarnya persoalan depresi juga berhubungan dengan psikologi kepribadian, namun disini kita akan mengaitkan persoalan depresi ini dengan sebuah kesehatan mental atau emosi jiwa seseorang. Depresi adalah bahwa depresi merupakan kondisiem osional yang biasanya ditandai dengan kesedihan yang amat sangat, perasaan tidak berarti dan bersalah, menarik diri dari orang lain, tidak dapat tidur, kehilangan selera makan, hasrat seksual, dan minat serta kesenangan dalam aktivitas yang biasa dilakukan. Adapun cara penyelesaian yang digunakan ialah menggunakan metode Certainty Factor dimana metode ini dapat diartikan sebagai nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan. Certainty Factor (CF) menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. Sistem pakar atau expert system adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah. 

Kata kunci: Tingkat Depresi, Certainty Factor, Expert System. 


Pendahuluan

Pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri adalah di dalam ilmu pengetahuan, yang terdiri dari berbagai cabang ilmu pengetahuan, diantaranya ialah di dalam cabang ilmu psikologi. Ilmu psikologi pada dasaraya bertujuan untuk dapat memahami sesama manusia, melihat hal tersebut dapat terlihat bahwa ilmu psikologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang sangat luas dan tidak menutup kemungkinan pemanfaatan teknologi terlibat di dalamnya, namun sangat disayangkan penggunaan teknologi pada bidang tersebut dirasakan masih kurang. Pada praktik selama ini di dalam ilmu psikologi sebagian besar masih menggunakan cara-cara dan metode lama dalam proses memahami dan mempelajari sisi psikologis suatu objek. Objek yang dimaksud disini adalah manusia dengan segala sikap dan tingkah lakunya. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut : 


Jurnal : Sistem Akhir menentukan Tingkat Depresi Mahasiswa Semester Akhir Menggunakan Metode Certainty Factor


Kata Kunci : Jurnal Metode Certainty Factor , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment