gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Perancangan Perangkat Lunak Steganography Menggunakan Algoritma JSTEG

Post a Comment

Jurnal : Perancangan Perangkat Lunak Steganography Menggunakan Algoritma JSTEG
(Jurnal Teknik Informatika)

Algoritma JSTEG


ABSTRAK

Saat ini dapat terlihat jelas bahwa teknologi informasi sudah berkembang sedemikian pesat sehingga menjadi hal yang umum dan bahkan sudah menjadi keharusan bagi berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhannya.Pihak-pihak yang saling berkomunikasi tersebut kemudian sampai pada kebutuhan lain yang juga penting,yaitu kebutuhan privasi akan informasi yang mereka komunikasikan.saat ini banyak sekali informasi– informasi yang sifatnya sangat sensitif tetapi dikirimkan melalui media yang terbuka sepenuhnya untuk umum,misalnya melalui internet yang dapat diakses oleh siapapun ,maka kemudian lahirlah suatu seni penyembunyian pesan data yang dikenal dengan steganografi .Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat suatu aplikasi steganografi dengan algoritma Jsteg yang secara spesifik diterapkan pada format file bmp,yang sudah sangat umum digunakan sebagai format file image.

Kata Kunci: Steganografi, Jsteg,Bmp

1. Pendahuluan
1.2. Latar Belakang 

Pesan rahasia merupakan hal penting yang butuh untuk di lindungi dan di jaga kerahasiaannya. Pesan rahasia merupakan sebuah harta karun dimana banyak orang yang ingin berusaha untuk mencari terlebih mengetahui isinya. Oleh karena itu maka tidak jarang muncul kejahatan-kejahatan yang dengan sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan semakin banyaknya orang yang melakukan tindakan kriminal yang dengan sengaja melakukan pencurian data rahasia dan merusak data rahasia sehingga bisa merugikan pihak tertentu.

Untuk menghindari hal-hal tersebut dibutuhkan pengamanan data ataupun informasi sehingga keamanan sebuah data rahasia bisa terjaga. Ada dua teknik pengamanan data yang bisa digunakan yaitu dengan kriptografi dan steganografi. Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga kerahasiaan data, menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Dalam kriptografi ini adanya proses menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Sedangkan Steganografi merupakan seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Pengamanan yang dilakukan dengan membuat pesan tersebut seolah-olah tidak ada padahal pesan tersebut ada.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma JSTEG , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment