gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Diagnosa Penyakit Myelodysplasi Sindrome (MDS) Dengan Menggunakan Metode Bayes

Post a Comment
Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Diagnosa Penyakit Myelodysplasi Sindrome (MDS) Dengan Menggunakan Metode Bayes

ABSTRAK

Saat ini komputer telah banyak digunakan dalam dunia medis untuk membantu diagnosis suatu penyakit. Penyakit yang paling penting dan jarang ditemukan adalah myelodysplasia Sindrome. Pencegahan penyakit lebih baik daripada pengobatannya,oleh karena itu, pencegahan penyakit myelodysplasia sindrome ini diawali dengan pendiagnosaan dini. Salah satu teknik dalam mendiagnosis penyakit atherosklerosis ini adalah sistem pakar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan menyusun sebuah sistem pakar yang digunakan untuk diagnosa awal penyakit myelodysplasia sindrome berdasarkan gejala yang rasakan. Sistem akan menampilkan Besarnya kepercayaan gejala tersebut terhadap kemungkinan penyakit yang diderita pengguna. Besarnya nilai kepercayaan tersebut merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Bayes. Representasi pengetahuan yang digunakan pada penelitian ini adalah production rule. Metode inferensi yang digunakan untuk mendapatkan konklusi yaitu penalaran maju. Implementasi sistem direalisasikan kedalam bahasa pemrograman Visual studio 2008.

Kata kunci : Sistem pakar, Metode Bayes, Penyakit myelodysplasia sindrome

Pendahuluan

Pada era sekarang komputer sangat luas penggunaanya. Komputer telah menjadi keperluan penting dalam keseharian dan digunakan oleh pengguna dengan tahap kemahiran yang berbeda-beda. Komputer digunakan dalam berbagai bidang kehidupan baik itu dibidang ekonomi, pertanian, perbankan, kesehatan, dan berbagai bidang lainnya. Kesehatan menempati urutan tertinggi dalam menunjang kelangsungan aktivitas harian setiap manusia. Kesehatan merupakan salah satu faktorpenting bagi manusia dalam memenuhi berbagai kewajiban untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Seiring dengan itu jenis penyakit yang menyerang manusia cendrung meningkat walaupun telah dilakukan berbagai cara untuk menghindarinya. Untuk mengatasi hal tersebut harus diketahui jenis penyakit yang diderita serta rekomendasi perawatan, pengobatan, serta pencegahan dari penyakit yang lebih buruk. Adapun kendala yang dihadapi yaitu minimnya pengetahuan tentang kesehatan, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kesehatan dan yang terutama yaitu masalah biaya, maka orang berfikir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.


Peneliti : Wandani Batubara

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Perancangan Aplikasi Sistem Diagnosa Penyakit Myelodysplasi Sindrome (MDS) Dengan Menggunakan Metode Bayes


Keywords : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment