Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Printer Dengan Case Based Reasoning

Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Printer Dengan Case Based Reasoning

Abstrak 

Proses kerusakan printer memang sebaiknya dilakukan oleh seorang pakar yang merupakan seseorang pakar printer itu sendri, namun dikarenakan printer merupakan alat yang sudah tidak lajim lagi orang mengenalnya maka masyarakat juga sudah banyak yang memiliki printer dirumah mereka masing-masing. Untuk perbaikan printer tersebut pun memerlukan biaya yang cukup mahal maka sebagian masyarakat yang memiliki printer bisa melakukan perawatan printernya sendiri dirumah. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat dapat menyebabkan penangan yang salah terhadap pemeliharan/perawatan printer merekadan hal ini berdampak fatal. Penalaran berbasis kasus/Case Based Reasoning merupakan metode yang dipergunakan untuk membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan. Sumber pengetahuan sistem diperoleh dengan mengumpulkan penanganan kasus-kasus oleh seorang ahli/pakar. 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Printe, CBRr


Pendahuluan 


Sebuah sistem memilik dua elemen utama yaitu basis pengetahuan / knowledge based dan kemampuan penalaran / reasoning. Basis pengetahuan merupakan elemen utama sistem karena komponen ini berisi sumber kecerdasan sistem. Metode yang digunakan untuk membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan yang yang pengetahuannya bersumber dari catatan kasus-kasus lampau dikenal dengan Case Based Reasoning (CBR). Printer merupakan alat bantu media cetak yang digunakan oleh banyak orang, sehingga printer merupakan alat yang sudah tidak lajim lagi orang mengenalnya, maka masyarakat juga sudah banyak yang memiliki printer dirumah mereka masing-masing. Untuk perbaikan printer tersebut pun memerlukan biaya yang cukup mahal maka sebagian masyarakat yang memiliki printer bisa melakukan perawatan printernya sendiri dirumah. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Printer Dengan Case Based Reasoning


Keyword : Jurnal Case Based Reasoning, sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.