gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Data Mining Aplikasi Sistem Persediaan Barang Pada PT. Bina Perkasa Cemerlang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ)

Post a Comment
Jurnal : Data Mining Aplikasi Sistem Persediaan Barang Pada PT. Bina Perkasa Cemerlang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ)

ABSTRAK 

Pada perusahaan PT. Bina Perkasa Cemerlang sistem persediaan barang yang dilakukan pada saat ini adalah dengan cara manual dimana persediaan barang tersebut masih dibuat dengan menggunakan Microsoft Office dalam bentuk Microsoft Word dan Microsoft Excel yang didalamnya dituliskan data-data mengenai data barang chemical, pengeluaran barang, dan pemesanan barang. Namun dengan demikian untuk penyajian data kurang efisien dan efektif. Dengan melihat situasi dan kondisi ini maka penulis membuat sebuah aplikasi sistem persediaan barang pada PT. Bina Perkasa Cemerlang dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dimana aplikasi ini dapat membantu pemilik perusahaan dan karyawan yang bekerja di perusahaan ini dalam mempermudah pekerjaannya dan juga membantu mengefisienkan dan mengefektifkan dalam mendata barang chemical, pengeluaran barang, dan juga pemesanan barang. Dalam aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual studio.net 2008 dengan database manajemen sistem MySql , dimana nantinya data-data akan dimasukkan dan disimpan didalam database dan dikoneksikan ke pemrograman visual studio.net 2008 sehinggan dalam pengendalian dan pengoptimalan persediaan barang lebih mudah, efisien, dan efektif.

Kata Kunci : Aplikasi, Persediaan Barang, Economic Order Quantity (EOQ) 


PENDAHULUAN 

Tuntutan kebutuhan hampir setiap instansi perusahaan terhadap sistem informasi semakin hari semakin meningkat. Kebutuhan aplikasi informasi semakin meningkat baik kecepatan maupun ketepatannya untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap tujuan suatu perusahaan. Seperti halnya dengan PT. Bina Perkasa Cemerlang yang merupakan perusahaan distributor yang bergerak dalam bidang Pengolahan Air (Water Treatment). Lingkup pekerjaan yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pengadaan, Instalasi dan pengiriman barang ke lokasi pemesan atau lokasi proyek, pemasangan peralatan dan kelengkapannya di lokasi pekerjaan, pelatihan operator, pengadaan suku cadang dan System Water Treatment, dari kapasitas besar (komersial dan industri) . Berdasarkan penelitian penulis dilapangan PT. Bina Perkasa Cemerlang harus melakukan terobosan baru dalam menentukan kebijakan yang nantinya akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan, sehingga biaya dapat ditekan dan terjadi peningkatan laba. Salah satu faktor untuk meminimalkan total cost adalah dengan mengoptimalkan persediaan barang chemical digudang, kekurangan persediaan barang chemical akan membuat proses produksi akan terhenti dan kelebihan akan membuat besarnya pengeluaran perusahaan karena biaya penyimpanannya. Oleh karena itu manajemen persediaan barang chemical ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. 

Peneliti : Wiwik Wardaningsih

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Data Mining Aplikasi Sistem Persediaan Barang Pada PT. Bina Perkasa Cemerlang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ)


Keywords : Jurnal Metode Economic Order Quantity (EOQ), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment