gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Data Mining Analisa Prediksi Jumlah Penjualan Tiket Menggunakan Metode Autoreggresive Integrated Moving Average (ARIMA)

Post a Comment
Jurnal : Data Mining Analisa Prediksi Jumlah Penjualan Tiket Menggunakan Metode Autoreggresive Integrated Moving Average (ARIMA)

ABSTRAK 

PT. Charisma Rasa Sayang Holidays Medan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang biro jasa perjalanan pariwisata. Kemudian dilihat dari berbagai sisi bahwa PT. Charisma Rasa Sayang Holidays Medan berpotensi dalam menyerap pembeli yang lebih banyak dari tahun ketahun. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah penjualan setiap tahun yang hampir terus meningkat. Sehubungan dalam hal ini diperlukan untuk memprediksi jumlah penjualan tiket yang merupakan ramalan ataupun perkiraan. Prediksi (Forecasting) dilakukan hampir oleh semua orang, baik itu pemerintah, pengusaha, maupun orang awam. Masalah yang diramalkan pun bervariasi, seperti perkiraan curah hujan, kemungkinan pemenang dalam pemilihan presiden, skor pertandingan, jumlah penjualan ataupun tingkat inflasi. Metode ARIMA adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi sesuatu hal yang berhubungan dengan deret dan situasi peramalan. Perlu dipahami bahwa ARIMA sangat baik ketepatannya dalam ramalan ARIMA adalah suaru metode yang dikembangkan oleh Box-Jenkins merupakan gabungan antara metode proyeksi, metode regresi dan metode dekomposisi. Metode ARIMA hanya menggunakan satu variabel sebagai dasar untuk melakukan prediksi sehingga dalam model ini tidak ada istilah variabel bebas yang digunakan untuk memprediksi nilai variabel tergantung. Model ini menggunakan nilai-nilai pada masa lampau dan sekarang sebagai dasar prediksi. Oleh karena itu, sangat tepat untuk digunakan dalam memprediksi. 

Kata Kunci : PT. Charisma Rasa Sayang Holidays Medan, Prediksi, ARIMA 


PENDAHULUAN 

Sebuah perusahaan didirikan mempunyai tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang menjadi kebutuhan konsumen dan sekaligus untuk mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Selain untuk mendapatkan keuntungan juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan serta bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kelangsungan hidup perusahaaan di masa mendatang. Untuk mewujudkan itu semua, pemimpin perusahaan harus menetapkan suatu kebijakan yang tepat dalam mengelolah perusahaan. PT. Charisma Rasa Sayang Holidays Medan bergerak dalam jasa atau biro perjalanan pariwisata. PT Charisma Rasa Sayang Holidays Medan, dalam aktifitas sehari-harinya melayani segala pemesanan baik tiket pesawat dalam dan luar negeri, kamar hotel dalam dan luar negeri, pembuatan paspor dan visa, dan juga paket wisata dalam dan luar negeri. Pada beberapa tahun terakhir PT. Charisma Rasa Sayang Holidays Medan mengalami perkembangan sangat pesat. Dimana setiap tahunnya banyak menerima reservasi atau pemesanan tiket pesawat, voucher hoteldan juga pemesanan paket atau tour wisata. 

Peneliti : Chairunnisa

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :
Jurnal : Data Mining Analisa Prediksi Jumlah Penjualan Tiket Menggunakan Metode Autoreggresive Integrated Moving Average (ARIMA)


Keywords : Jurnal Metode Autoreggresive Integrated Moving Average (ARIMA), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment