gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Dengan Menggunakan Metode Bayes

Post a Comment
Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Dengan Menggunakan Metode Bayes

ABSTRAK 

Dalam konsep pelacakan dalam mencari solusi dengan pendekatan artificial intelligent, ada berbagai metode yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ketidak pastian saat proses pelacakan terjadi. Salah satunya adalah teorema bayes. Adanya ketidakpastian pada proses pelacakan dapat terjadi karena adanya perubahan pengetahuan yang ada di dalam sistem. Untuk di perlukan adanya suatu metode untuk mengatasi ketidakpastian dengan teorema Bayes pada kasus pelacakan untuk mendiagnosa penyakit tulang. Subjek padapenelitian ini adalah proses pelacakan untuk menentukan penyakit tulang Dengan model penalaran forward chaining dan metode kepastianya menggunakan teorema bayes demgan cara menghitung nilai probabilitas suatu gejala penyakit dan membandingkan probabilitas setiap gejalanya. Program yang digunakan dalam menyelesaikan ketidakpastian ini adalah visual basic net 2008, pengujian sistem dengan black box test dan alfa test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak yaitu yang mampu menentukan penyakit tulang dengan menerapkan metode bayes untuk mengatasi ketidakpastian. Hasil uji coba sistem menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci : Penyakit Tulang, Pendugaan langsung, Teorema Bayes 


Pendahuluan 

Masalah kesehatan tubuh sangatlah bermasalah apabila terjadi gangguan yang menyebabkan terjadinya rasa sakit, dimana rasa sakit yang dialami tidak dapat di ketahui penyebabnya. Rasa sakit yang di alami manusia terkadang membuat tubuhnya terasa lemas dan tidak dapat melakukan kegiatan yang seharusnya di lakukan sehari-hari. Untuk menangani rasa sakit tersebut, manusia harus mengetahui gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya penyakit. Tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit atau tindakan penyembuhan diperlukan pakar dalam bidangnya, seperti yang sudah diketahui banyak sekali seorang pakar yang sibuk dalam melakukan kegiatannya. Jadi, sulit bagi penderita untuk bertemu dengan dokter pakar yang dapat memberikan tindakan-tindakan pencengahan ataupun tindakan penyembuhan penyakit. 

Peneliti : Jusniwati

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Dengan Menggunakan Metode Bayes


Keywords : Jurnal Metode Bayes, sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment