Jurnal : Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Pengguna Narkoba Dengan Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Pengguna Narkoba Dengan Menggunakan Metode Bayes

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Pengguna Narkoba Dengan Menggunakan Metode Bayes


ABSTRAK 

Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Diharapkan dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik ‘sedikit’ rumit ataupun rumit sekalipun ‘tanpa’ bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman. Sistem ini melakukan diagnosa jenis narkoba berdasarkan dari gejala-gejala yang diinputkan ke sistem. Aplikasi yang dikembangkan ini bertujuan untuk menentukan jenis narkoba yang digunakan oleh pengguna narkoba dengan hanya memperhatikan gejala-gejala yang dialami oleh pengguna narkoba. Dengan menggunakan metode Bayes mampu menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta dari gejala-gejala yang ada. Keluaran sistem berupa hasil penelusuran jenis narkoba yang digunakan oleh pengguna berdasarkan gejala-gejalanya. 

Kata kunci : SistemPakar, Narkoba, Bayes 


Pendahuluan 

Narkoba adalah zat yang dapat menimbulkan pengaruh tertentu bagi mereka yang menggunakannya dengan cara memasukkan obat tersebut ke dalam tubuhnya, pengaruh tersebut berupa pembiasan, hilangnya rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi. Dengan timbulnya efek halusinasi inilah yang menyebabkan kelompok masyarakat terutama di kalangan remaja ingin menggunakan narkoba meskipun tidak menderita apa-apa. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba pada remaja terjadi karena faktor pengaruh kondisi keluarga dan lingkungan. Dalam hal ini kondisi keluarga ditandai dengan keutuhan keluarga, kesibukan orang tua, hubungan interpersonal antar keluarga, dapat merupakan faktor yang berperan serta pada penyalahgunaan narkoba. Selain pada keluarga, lingkungan seperti halnya lingkungan sekolah yang tidak baik dapat menciptakan siswa tidak terbebas dari pengaruh narkoba dan dapat meningkatkan jumlah pengguna narkoba di kalangan remaja. 

Peneliti : Ismail Syaputra

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Pengguna Narkoba Dengan Menggunakan Metode Bayes



Keyword : Jurnal Metode Bayes , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.