gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Siswa SMA Negeri 2 Kutacane Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Post a Comment

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Siswa SMA Negeri 2 Kutacane Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)


(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)
ABSTRAK

Dunia pendidikan saat ini juga berkembang pesat, dengan banyaknya berdiri sekolah-sekolah yang menawarkan berbagai macam jurusan yang masing-masing memiliki kelebihan, sehingga masyarakat juga dapat bebas memilih sesuai dengan minat mereka. Hal ini membuat sekolah juga harus memiliki suatu sistem yang baik untuk dapat mengarahkan masyarakat kepada pilihan yang sesuai dengan kemampuan mereka.



Sistem pendukung keputusan (Desicion Support System) dapat membantu menyediakan berbagai alternatif yang dapat ditempuh dalam proses pengambilan keputusan. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan oleh pengambil keputusan untuk membantu menemukan solusi atau alternatif yang optimum untuk berbagai masalah. 

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan berfungsi membantu pihak sekolah mengambil keputusan yang tepat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Fungsi utama perangkat lunak ini adalah mengolah data-data pemilihan Jurusan Siswa tingkat SMA. Perangkat lunak ini diimplementasikan dengan menggunakan web, dan untuk database menggunakan Mysql. 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Web, Database, Analytical Hierarchy Process (AHP).


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah 

Pemerintah terutama departemen pendidikan setiap tahunnya terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan harapan lulusannya dapat memiliki keterampilan dan keahlian lebih dibandingkan sekolah sederajat, hal terrsebut dilakukan demi meningkatkan kualitas lulusan sehingga siap memasuki dunia kerja.

Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer termasuk sistem berbasis pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga pendidikan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah spesifik.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarcy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.





Related Posts

Post a Comment