Selamat Datang
Join This Site
Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Fordward Chaining

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Fordward Chaining

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Fordward Chaining


Abstrack

Expert system is computer-based system that uses knowledge, facts, and reasoning techniques in solving problems that typically can only be solved by an expert in that field. Expert system is made on a specific area of expertise that is closer to a human's ability in one field. Expert system try to find a solution as did an expert. Expert system can also provide an explanation of the steps taken and give suggestions or conclusions discovery. Development of an expert system aimed at helping computer users to resolve the problem or damage to computer hardware and computer software. The case of a computer malfunction is a case that requires the assistance of an expert (technician) in solving problems by relying on their knowledge. The system is built using forward chaining method. Forward chaining is used to examine the factors that put the rules stored in the system until it is concluded. Software used to build a system that will be used is Microsoft Visual Basic 2010 for the databases using Microsoft Access. 


Pendahuluan 

Seiring dengan Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat, segala bidang kehidupan dunia diwarnai dengan penerapan teknologi. Salah satu wujud nyata dari teknologi itu adalah penerapan sistem komputerisasi, dengan sistem tersebut dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat, efesien dan efektifsehingga mampu menimilisir kesalahan-kesalahan yang terjadi. Pada dasarnya masalah kerusakan komputer merupakan kasus yang paling sering ditemukan. Sejalan dengan itu, diperlukan pengetahuan komputer yang cukup baik untuk mengatisipasi terjadinya kerusakan komputer karena permasalahan kerusakan komputer merupakan masalah yang cukup kompleks.ini dapat dimaklumi karena banyaknya user yang kurang memiliki pengetahuan dalam komputer. Sebagian mungkin hanya sebatas bisa mengoperasikan komputer ala kadarnya saja, jika ada permasalahan komputer harus membawanya ke teknisi komputer yang mampu menyelesaikan permaslahan tersebut. Permasalahan kerusakan komputer secara garis besar dapat dibedakan dalam dua kategori yaitu kerusakan perangkat keras (hardware) dan kerusakan perangkat lunak (software). Banyak sekali user yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk memperbaiki keruskan komputer, padahal keruskan kmputer yang terjadi belum tentu rumit dan belum tentu tidak dapat diperbaiki sendiri. Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan kerusakan komputer. 

 Aplikasi ini memanfaatkan tekologi sistem pakar yang berfungsi sebagai pengganti seseorang yang ahli dalam bidangnya.Sistem pakar timbul karena adnaya permasalahan pada suatu bidang khusus yang spesifik dimana user menginginkan suatu solusi dari permasalahan tersebut diselesaikan dengan mendekati cara-cara pakar dalam menyelesaikan masalah. Perancangan aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode forward chaining yang digunakan untuk menguji factor-faktor yang dimasukan dengan aturan yang disimpan dalam sistem hingga dapat diambil suatu keputusan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi yang dapat membantu pemakai komputer (user) untuk mengatasi masalah atau kerusakan pada perangkat keras komputer (hardware) dan pada perangkat lunak komputer (software), sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perbaikan. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa download jurnal nya di link berikut :

Jurnal : Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Fordward Chaining


Kata Kunci : Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Fordward Chaining,Jurnal Metode Fordward Chaining, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.