gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Menghitung Diskon Untuk Pemasaran

Post a Comment

Cara menghitung diskon – Banyak bisnis menerapkan sistem diskon untuk menarik pelanggan membeli. Strategi diskon ini diterapkan karena efektif menarik pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan produk, dan pelanggan akan lebih mengenal nama bisnisnya.

Strategi diskon ini juga banyak diterapkan di perusahaan berbasis digital seperti Gojek, Grab, Amazon, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya sebagai strategi pemasaran. Tapi tahukah Anda bagaimana cara menghitung diskon?

Pernahkah Anda memikirkan apakah menguntungkan jika perusahaan menerapkan diskon pada produknya? Tentunya dengan adanya diskon produk ini ada cara untuk menghitung nilai yang berbeda oleh perusahaan agar tetap menguntungkan walaupun ada diskon pada produknya.

Jenis-Jenis Diskon

Sebelum kita membahas cara menghitung diskon, kami akan memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis nilai yang perlu Anda ketahui. Tujuannya tentu untuk lebih memahami penerapan strategi diskon yang banyak dilakukan perusahaan yang sering Anda lihat.

1# Diskon Dalam Persen

teknik pertama penerapan diskon adalah dengan menerapkan diskon pada harga produk dalam bentuk persen. Diskon ini biasa digunakan, dan Anda sering melihatnya di supermarket. Banyak supermarket melakukan strategi diskon dengan cara ini dan biasanya bertujuan untuk menghabiskan suatu produk agar cepat laku.

Contoh diskon seperti ini jika ada promo diskon hingga 50% persen untuk pembelian baju anak di akhir tahun. Contoh ini adalah salah satu jenis diskon yang menggunakan teknik persentase harga jual.

2# Diskon Cashback

Jenis diskon cashback hampir sama dengan diskon persen. Bedanya, diskon cashback lebih sering diterapkan pada produk dengan nilai harga tinggi sehingga pembeli akan merasakan cashbacknya.

Contohnya adalah membeli kulkas untuk mendapatkan cashback Rp 150.000. Di mata konsumen, pengembalian dana Rp 150.000 tentu sangatlah banyak nilainya. Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membelinya.

Kulkas yang dibeli bernilai lebih dari Rp 2.000.000 tersebut meski diberikan diskon cashback perusahaan akan tetap mendapat untung meskipun memberikan cashback kepada pelanggan. Perusahaan sudah memperhitungkan dengan matang bagaimana cara menghitung diskon ini, tentunya agar bisa menarik pembeli.

3# Diskon Potongan Harga

Cara ketiga adalah jenis diskon dimana teknik ini sering dilakukan untuk memberikan diskon jika ada pelanggan yang membeli sesuai dengan minimal pembelian yang ditentukan oleh toko. Contohnya adalah Akan mendapatkan nilai Rp 30.0000 jika membeli baju dengan minimal pembelian Rp 600.000.

Strategi ini cocok diterapkan agar pelanggan mau secara sukarela membeli produk sesuai dengan batas minimal yang ditetapkan toko. Dengan sistem diskon ini diharapkan penjualan terjadi sesuai target yang diprediksi oleh toko atau perusahaan.

Ketiga teknik diskon di atas merupakan strategi diskon yang sering dilakukan berbagai perusahaan dan supermarket. Selanjutnya, kita akan membahas cara menghitung diskon untuk memahami teknik lebih baik ketika Anda memiliki produk untuk dijual.

 

Cara Menghitung Diskon

Ada rumus berbeda untuk cara menghitung diskon. Rumus ini nantinya bisa digunakan untuk menghitung berbagai produk yang akan diberi nilai untuk Anda jual. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung diskon secara umum.

Nilai Diskon = Harga Jual x Total persentase diskon

Harga Beli = Harga Jual - Nilai Diskon

Dari rumus di atas, kami akan membuat analogi menjadi studi kasus agar lebih mudah untuk Anda pahami. Jika Budi membeli Kulkas seharga Rp 2.000.000 dan kemudian mendapat diskon 10%, berapa uang yang harus Budi bayarkan kepada penjual, dan berapa harga diskon yang akan dia dapatkan?

Dari contoh di atas, kita akan menghitung dengan rumus berikut.

Nilai Diskon = 2.000.000 x 10%

Nilai Diskon = 200.000

Harga Pembelian = 2.000.000 - 200.000

Harga Pembelian = 1.800.000

Dari hasil di atas, nilai harga diskon yang Budi dapatkan adalah Rp 200.000, dan dia harus membayar TV sebesar Rp 1.800.000 setelah mendapat diskon 10%.

sSangat mudah bukan untuk menghitung diskon yang kita lakukan diatas? Anda bisa mencobanya dengan menghitung harga diskon di toko sekitar Anda sesuai dengan rumus di atas.


Cara Menghitung Diskon - Penutup

Dari berbagai tips yang telah kami berikan di atas. Semoga dapat membantu Anda untuk menghitung diskon. Yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan diskon adalah Anda harus memperhatikan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Jadi jika sewaktu-waktu Anda memiliki produk bisnis yang ingin Anda berikan diskon kepada pelanggan Anda, Anda tetap akan mendapatkan keuntungannya.

Demikian ulasan ilmuskripsi tentang cara menghitung diskon ini, semoga tips yang kami tentang cara menghitung diskon ini dapat menambah informasi anda.

Related Posts

Post a Comment