gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Internship? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Post a Comment

 Apa itu Internship? Berikut Penjalasan dan Manfaatnya - Internship adalah bahasa lain untuk istilah magang atau pelatihan yang diberikan kepada seseorang agar orang tersebut memperoleh keterampilan kerja. Internship sendiri sering diadakan oleh berbagai latar belakang kelembagaan, termasuk instansi pemerintah yang menyelenggarakan program internship kerja di berbagai keterampilan kerja.

Program internship merupakan program yang sering diidentikkan dengan mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus kemudian mencari pekerjaan. Selain mahasiswa, berbagai latar belakang masyarakat dapat mengikuti program internship dengan persyaratan institusi.

Di sekolah kejuruan atau SMK juga terdapat program internship dimana siswa terlibat langsung di berbagai perusahaan yang terkait dengan jurusan kejuruan yang diambil oleh siswa tersebut. Program internship SMK ini dibentuk untuk mempersiapkan siswa SMK untuk bekerja saat lulus nanti.

 

Apa itu Internship?

Internship adalah program pelatihan kerja jangka pendek untuk meningkatkan keterampilan kerja seseorang untuk mempersiapkan orang tersebut mendapatkan pekerjaan di bidang yang diajarkan. Lembaga formal maupun nonformal dapat menyelenggarakan program internship ini.

Sistem kerja dari program internship itu sendiri ada banyak mekanismenya, bisa melalui jalur seleksi, berbayar, gratis dan kompetisi sesuai dengan program internship yang ditawarkan. Selain itu, melalui program internship ini, banyak talenta pekerja profesional yang diperoleh melalui berbagai pelatihan kerja yang ditawarkan.

Sebagai contoh internship di sebuah perusahaan, jika sebuah perusahaan start-up membutuhkan internship sebagai programmer, beberapa orang mengikutinya dalam program internship selama enam bulan.

Jadi secara tidak langsung peserta internship akan bekerja dan mempelajari sistem kerja di kantor, bagaimana membangun program atau aplikasi dan praktek

itu secara langsung. Tentunya akan ada pendamping internship dari perusahaan yang akan membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan program yang mereka pelajari.

 

Tujuan Internship

Tujuan utama dari internship tentunya untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk memiliki keterampilan kerja. Berbagai keterampilan kerja yang diperoleh akan digunakan untuk melamar pekerjaan sesuai dengan passionnya.

Di era modern ini banyak sekali keterampilan kerja di berbagai bidang, salah satunya di bidang teknologi, seperti keterampilan kerja di bidang desain, pemrograman, teknik SEO, video editing, content creator, copywriting, internet. pemasaran dan sebagainya.

Selain itu juga banyak keterampilan kerja di bidang lain seperti keahlian otomotif, memasak, perhotelan, pemandu wisata, peternakan, pertanian, kerajinan besi las dan sebagainya. Dari berbagai jenis keahlian tersebut, banyak lembaga yang memberikan pelatihan secara offline.

Selain internship offline, banyak juga yang mengadakan program internship online, seperti web programming, design making, pelatihan hidroponik, budidaya jamur tiram, dll. Biasanya program internship online ini diadakan dengan dipungut biaya jika peserta ikut serta.

 

Manfaat Internship:

Mengikuti program internship memiliki manfaat terutama dalam meningkatkan keterampilan dalam bekerja. Berikut beberapa keuntungan jika Anda mengikuti program internship.

  1. Menambah wawasan tentang dunia kerja.
  2. Memiliki keterampilan kerja khusus sehingga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan nantinya.
  3. Meningkatkan hubungan pertemanan di dunia kerja.
  4. Pertajam pola pikir dalam bekerja dan jadilah momen transisi dari dunia pendidikan ke jenjang karir.
  5. Yaitu menambah kedisiplinan diri dengan mengikuti aturan-aturan di lembaga internship yang telah ditentukan.
  6. Menambah soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, mengemukakan pendapat dan ide serta meningkatkan keberanian dalam diri untuk berkomunikasi dengan rekan kerja.
  7. Pengalaman kerja.

Dari berbagai manfaat di atas akan Anda rasakan langsung jika mengikuti program internship yang diadakan oleh berbagai institusi. Oleh karena itu, Anda harus berani mencoba mengikuti program internship sesuai minat dan bakat yang Anda miliki.

 

Penutup

Program internship merupakan program yang dapat membantu seseorang meningkatkan kualitas dirinya, terutama dengan menyalurkan keahliannya melalui pelatihan dari berbagai institusi. Oleh karena itu, mengikuti program internship berarti adanya niat dari seseorang untuk meningkatkan dan mengasah kualitas yang ada dalam dirinya.

Demikian ulasan ilmuskripsi.com mengenai pengertian tujuan internship dan manfaatnya. Semoga artikel yang telah kami ulas bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

Post a Comment