gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Afiliasi? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Post a Comment

 Afiliasi adalah istilah pemasaran digital untuk sistem kerjasama penjualan antara suatu perusahaan dengan pelanggannya atau individu lainnya. Dengan sistem afiliasi ini akan diperoleh simbiosis mutualisme dimana akan terjadi saling menguntungkan antara perusahaan yang memberikan afiliasi dengan orang yang bekerjasama dengan afiliasi tersebut.

Afiliasi dapat memberi seseorang penghasilan tambahan dengan menjual produk perusahaan atau individu. Setiap penjualan akan dilakukan dengan sistem komisi persentase dari perusahaan afiliasi.

Produk yang dijual dengan sistem afiliasi ini pun beragam, mulai dari produk digital elektronik hingga produk rumah tangga. Cara kerjanya untuk affiliate juga sangat mudah, hanya dengan mempromosikan link produk perusahaan kemudian menyebarkannya ke orang lain.

Apa itu Afiliasi? Afiliasi adalah

Afiliasi memiliki arti yang sangat luas tergantung konteks yang dibahas. Bahasa afiliasi adalah hubungan antara perusahaan dengan cabang atau anggota lainnya. Dalam konteks bisnis afiliasi adalah hubungan antara perusahaan dengan perusahaan lain untuk mendapatkan keuntungan bersama. Hubungan tersebut dapat berupa kolaborasi produk, manajemen, dll.

Afiliasi dalam konteks digital marketing memiliki arti yang berbeda namun dengan konsep yang sama: bekerja sama untuk saling menguntungkan. Afiliasi adalah hubungan kerjasama antara perusahaan atau individu untuk menjual produk untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Dalam proses bisnis online, banyak sistem bisnis yang dijalankan dengan model afiliasi ini. Salah satu contohnya adalah program afiliasi Shopee atau Tokopedia, dimana Anda bisa menjual produk di marketplace untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk yang Anda promosikan.

Cara Kerja Afiliasi

1. Mendaftar untuk Program Afiliasi

Cara kerja sistem affiliasi ini sangat mudah, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas online secara online. Anda mencari perusahaan yang menyediakan program afiliasi, seperti afiliasi shopee.

Setelah mendaftar sebagai anggota afiliasi, sistem akan mengarahkan Anda ke berbagai hal teknis untuk mempromosikan produk dengan program afiliasi. Setiap perusahaan yang melakukan sistem affiliasi tentunya memiliki sistem atau aplikasi untuk memantau proses penjualan affiliasi Anda.

 

2. Promosi Menggunakan Kode Referensi

Cara kerja afiliasi kedua adalah membagikan atau menyebarkan tautan menggunakan kode rujukan afiliasi Anda. Misalnya jika Anda sudah memiliki produk yang Anda jual melalui link kode referral, maka Anda harus membagikan link tersebut ke berbagai media sosial.

Setiap orang yang membeli produk dengan kode referral Anda akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan untuk setiap penjualan produk. Komisi penjualan ini biasanya ditentukan oleh jenis produk yang dijual; semakin besar harga produk yang dijual, semakin besar keuntungannya.

 

3. Dapatkan Keuntungan atau Komisi

Setelah Anda berhasil menjual produk, cara kerja affiliate program selanjutnya adalah Anda akan mendapatkan pembagian komisi. Pembagian komisi ini dapat dilakukan setiap minggu, dua minggu hingga sebulan sekali jika pencarian uang Anda telah mencapai batas minimum.

Di era modern ini, Anda dapat melakukan penjualan produk afiliasi dengan mudah karena Anda tidak perlu melakukannya secara offline, mengunjungi orang satu per satu. Anda harus membagikan tautan kode rujukan afiliasi dengan teman dan kerabat Anda untuk membeli produk yang Anda promosikan.

 

Contoh Program Afiliasi

Di bawah ini adalah beberapa contoh program afiliasi yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda harus menyiapkan kuota internet untuk bekerja duduk diam sambil menyebarkan link. Berikut adalah contoh program afiliasi yang dapat Anda ikuti.

  1. Shopee Affiliate
  2. program afiliasi Tiket.com
  3. program afiliasi Tokopedia
  4. program afiliasi Zalora
  5. program afiliasi Amazon
  6. program afiliasi program afiliasi Niagahoster

Dari beberapa perusahaan di atas, Anda bisa bergabung menjadi mitra program afiliasi untuk menambah uang saku Anda. Demikian ulasan kami tentang artikel ini semoga bermanfaat untuk anda.

Related Posts

Post a Comment