JURNAL : PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK 2-4 TAHUN

JURNAL : PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK 2-4 TAHUN

 

JURNAL : PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK 2-4 TAHUN

Abstrak 

Huruf vokal bagi anak usia dini perlu diperkenalkan sejak dini karena huruf vokal berfungsi untuk merangkai huruf dari kumpulan konsonan yang dijadikan suatu perkataan. Berdasarkan pengamatan di KB Syiarul Islam Tegal bahwa media pembelajaran mengenal huruf vokal masih menggunakan alat peraga sederhana yaitu papan huruf vokal yang ditempel pada dinding kelas. Hal ini membuat anak mudah jenuh dan tidak tertarik. Mengantisipasi kendala tersebut, dibutuhkan media pembelajaran baru dengan menggunakan animasi 3D. Animasi 3D dapat diimplemantasikan bagi anak untuk belajar karena dalam masa perkembangannya anak memiliki kecenderungan meniru dan mengamati sehingga memudahkan anak dalam menerima materi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kelayakan elemen visual dan animasi 3D pada media pembelajaran mengenal huruf vokal. Metode penelitian menggunakan model pengembangan waterfall menurut M. Suyanto (2006) yang meliputi tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahap pra produksi meliputi penentuan ide dan cerita, desain karakter, storyboard, perekaman suara. Tahap produksi meliputi modeling, texturing, rigging, animating, lighting, camera operation, rendering. Tahap pasca produksi meliputi final editing dan hasil video animasi. Media animasi 3D mengenal huruf vokal dikategorikan layak dengan penilaian beberapa aspek diantaranya aspek kualitas gambar, kualitas suara, isi media, objek dan karakter, background, teknik animasi, jalan cerita, dan kesan video yang dilakukan validasi oleh 4 ahli media. Hal ini dibuktikan pada pengujian pertama media didapatkan hasil rata-rata 81% yang berada pada kategori layak dan pengujian kedua setelah media direvisi didapatkan hasil rata-rata 86,5% yang berada pada kategori sangat layak. 

Kata Kunci : Huruf Vokal, Media Animasi 3D, Teknik Animasi 3D


1. PENDAHULUAN 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), huruf adalah tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Di Indonesia huruf yang digunakan terdiri dari 26 huruf (alfabet). Jadi dapat disimpulkan bahwa huruf adalah abjad yang melambangkan bunyi. Salah satu jenis huruf berdasarkan bunyinya adalah huruf vokal. Huruf vokal merupakan huruf yang melambangkan fonem vokal yaitu a, i, u, e, dan o. Bunyi vokal adalah bunyi suara yang dihasilkan oleh artikulator atau bagian alat ucap yang dapat bergerak (Wandini, 2017). Menurut Permendiknas nomor 58 tahun 2009 dalam aspek bahasa anak tentang huruf vokal anak harus mengenal lambang huruf vokal, menyebutkan simbol huruf vokal, dan meniru huruf. Fungsi pengenalan huruf vokal bagi anak usia dini (2-4 tahun) sangat penting dan harus perlu diperkenalkan sejak dini karena huruf-huruf vokal diperlukan untuk menyambung huruf atau merangkai huruf-huruf dari kumpulan konsonan yang dijadikan suatu perkataan. Masa anak usia dini disebut dengan istilah The Golden Age yaitu masa keemasan, masa dimana segala kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki anak usia dini tidak akan terulang untuk kedua kalinya (Uce, 2015).

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

JURNAL : PENERAPAN ANIMASI 3D PADA MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL UNTUK ANAK 2-4 TAHUN



Kata Kunci : Penerapan Animasi 3D, Jurnal Sistem Pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi