Kamu Termasuk Orang Yang Malas Belajar ? 6 Hal Ini Bisa kamu Terapkan Agar Belajar Lebih Efektif !

Kamu Termasuk Orang Yang Malas Belajar ? 6 Hal Ini Bisa kamu Terapkan Agar Belajar Lebih Efektif !



Belajar. Wah pasti kalau dengar kata itu kepala rasanya puyeng, atau males duluan. Lebih-lebih kalau belajar tentang mata kuliah atau mata pelajaran yang enggak kita sukai. Ada enggak ya cara belajar yang enggak memerlukan waktu lama tapi cukup efisien? Tentu ada dong. Berikut redaksi ilmu skripsi punya tips nih buat temen-temen yang pengen belajarnya lebih efisien dan engga memakan waktu yang lama.

1. Niat
Yup, hal yang terpenting dalam melakukan segala hal termasuk belajar adalah niat. Niatkan hati dan pikiran bener-bener buat belajar walaupun sebentar. Biasanya nih kalau niatnya serius pastinya lebih enak ngejalaninnya sama lebih cepet paham sama yang kita pelajari. Kalau belum paham-paham berarti ya kita perlu ekstra buat belajar. Jangan lupa niat  belajarnya sambil baca doa ya.

2. Buat Garis Besar Setiap Materi
Setiap materi wajib dibuat garis besar alias catatan kecil. Supaya apa? Supaya mempermudah ketika kita belajar. Dengan demikian kita tidak perlu pusing duluan karena melihat buku yang tebal-tebal dan materi yang sangat panjang.
Dalam membuat garis besar ada banyak cara nih, bisa buat mind mapping , dicatat di hp, atau dicatat di buku kecil supaya bisa dibawa ke mana-mana. Jika kita mengerjakan dengan sungguh-sungguh pasti kita akan ingat.

source : https://www.thebestcolleges.org/


3. Mendengarkan Bebunyian
Yup, mendengarkan bebunyian, bisa musik atau suara alam bisa jadi cara yang efektif juga buat membantu proses belajar kita. Hati dan pikiran akan menjadi lebih rileks alias tidak sepaneng dalam belajar.

4. Perbanyak Referensi
Referensi bisa berasal dari mana saja, bisa dari internet, buku, dosen, atau teman. Tanyakan, atau sharing-kan hal yang perlu dibahas jika bertatap muka langsung dengan teman atau dosen. Jika tidak bertatap langsung bisa lewat sosial media atau chat. Tujuannya biar lebih paham materi yang kita pelajari. Atau jika  gengsi buat bertanya, bisa mengikuti akun-akun di medsos yang berhubungan dengan materi perkuliahan. Atau cari-cari referensi di internet.  Banyak cara buat nambah referensi, tinggal kita nyaman dengan cara yang mana.

5. Timming
Waktu. Ya ini tentu juga sangat penting. Belajar tidak harus lama-lama. Sekali duduk tidak harus dua jam belajar. Belajar sekali duduk 7-10 menit itu sudah  cukup. Gunakan waktu 7-10 menit semaksimal mungkin. Yang perlu diingat adalah 7-10 menit ini lakukan secara teratur. Sebisa mungkin hindari belajar pola SKS alias Sistem Kebut Semalam.

6. Selalu Semangat
Tak kalah pentingnya adalah semangat. Ketika kita semangat, mood kita bakalan baik, dan tentunya apa yang kita pelajari akan terasa mudah dan akan selalu berusaha mempelajarinya. Hati menjadi senang, pikiran menjadi ringan, belajarpun efektif dan menyenangkan.

So, itu tadi 6 tips dari mimin buat belajar yang efektif dari redaksi ilmuskripsi. Selamat mencoba. Semoga berhasil gaiss !