Ingin Sukses Magang ? 5 Cara Ini Bisa kamu Terapkan Buat Mahasiswa Tingkat Akhir !

Ingin Sukses Magang ? 5 Cara Ini Bisa kamu Terapkan Buat Mahasiswa Tingkat Akhir !


Sukses magang? Tentu menjadi misi hampir setiap mahasiswa. Begitu lulus kuliah langsung dapat kerja di tempat magang dulu. Enggak perlu susah dan pusing ngelamar pekerjaan sana-sini. Wah, sesuatu yang menggembirakan pasti ya. Banyak nilai plus nya nih jika lulus kuliah langsung kerja di tempat magang dulu. Selain tak perlu lagi beradaptasi dengan lingkungan baru, nilai tambah yang lain sudah mempunyai pengalaman selama magang tentang pekerjaan yang kita kerjakan. Jadi tidak perlu mengulang dari awal, tinggal memperdalam.

Lantas, bagaimana cara biar sukses selama magang? Berikut kiat-kiat sukses magang.

1. Disiplin

Yap, disiplin dalam hal apapun ya ketika magang. Tepat waktu ketika datang dan pulang magang. Datanglah tepat pada waktunya, jika perlu 10 menit sebelum mulai jam magang sudah berada di tempat magang.
Tak hanya disiplin berpakaian saja ya, disiplin berpakaian dan juga harus diperhatikan. Ada beberapa tempat magang yang membebaskan mahasiswa magangnya buat berpakaian rapi sopan, ada juga yang harus menentukan harus seragam tertentu. Yang terpenting adalah ikuti aturan berpakaian ketika magang, yang jelas harus rapi dan sopan.
Disiplin yang ketiga adalah disiplin mengumpulkan tugas ketika magang. Seringkali ketika magang pasti dapat tugas dari tempat magang. Sebagai mahasiswa magang, tentunya kita harus mengerjakan dengan baik dan kumpulkan tepat pada waktunya. Jika perlu kumpulkan sebelum waktu yang ditetapkan untuk mengumpulkan.
Ketiga hal tadi jika dilakukan dengan baik, pasti bisa menambah nilai plus tersendiri ketika magang.

2. Tidak Malu untuk Bertanya

Sifat malu bertanya bisa membuat apa yang dikerjakan di tempat magang menjadi kurang maksimal. Bertanya ketika magang merupakan suatu keharusan. Mengapa? Karena di tempat magang inilah muncul peluang untuk kita mengenal perusahaan lebih mendalam, tentunya dengan pekerjaan tertentu di perusahaan tersebut. Termasuk kendalanya apa saja, prosesnya bagaimana, dan cara penyelesaiannya bagaimana.
Dalam bertanya, ada beberapa hal yang perlu dicatat ya. Yang pertama penting tidak pertanyaan itu untuk ditanyakan. Cari pertanyaan yang berbobot dan berkaitan dengan bidang tertentu saat magang. Jadi ketika bertanya, usahakan tidak asal bertanya ya.

3. Berani Unjuk Gigi

Berani unjuk gigi di sini maksudnya tidak hanya berani mengiyakan suatu tugas yang diberikan saja. Akan tetapi berani menunjukkan kemampuan dan bakat kita di depan pembimbing di tempat magang. Tentunya bakat dan kemampuan yang berkaitan dengan bidang kita magang ya. Tujuannya adalah buat prospek ke depan bisa masuk kerja di tempat magang. Dan pembimbing bisa melihat bakat dan kemampuan kita, sehingga bisa direkomendasikan besok sesudah lulus bisa langsung kerja di tempat magang. Bahkan ada beberapa perusahaan yang langsung merekrut anak magang karena pekerjaannya bagus dan sesuai standart perusahaan tersebut.

4. Good Attitude

Setiap anak magang, wajib nih punya good attitude. Ramah, sopan, ringan tangan. Terlihat perkara yang sepele memang, akan tetapi dampaknya sangat luar biasa. Tidak hanya  perihal untuk mengejar nilai saat magang saja, namun sebagai bentuk penerapan dalam dunia kerja secara langsung. Selain itu bisa mengakrabkan kita dengan pembimbing dan orang-orang di perusahaan ketika magang. Sehingga magang pun menjadi nyaman.

5. Membangun Jaringan

Membangun jaringan di sini maksudnya adalah membangun jaringan dengan karyawan tetap dan anak magang tentunya. Perbaiki hubungan dan jangan sungkan. Selain untuk membangun silaturahmi, hal ini juga berdampak baik untuk ke depannya. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, dan semakin banyak pula lapangan kerja yang kita ketahui.
Yang tidak kalah pentingnya, tetap jalin komunikasi ya dengan orang-orang saat magang. Tujuannya selain menjalin silaturahmi juga buat sumber informasi jika ada lowongan kerja bagus.

Itu tadi lima tips sukses magang buat mahasiswa semester akhir, selamat mencoba. Semoga berhasil !