Teknik dan Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Teknik dan Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Teknik dan Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian





Sebuah penelitian ilmiah data merupakan suatu hal yang sangat penting, dimana data tersebut nanti di olah untuk ditarik sebuah kesimpulan dan menghasilkan sebuah informasi baru.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas metode dalam pengumpulan data penelitian, perlu sobat ketahui bahwa data dalam sebuah penelitian sangatlah penting. Karena data berhubungan dengan hasil dari apa yang akan kita teliti nantinya.

Pada setiap penelitian tentunya memiliki data yang berbeda-beda, tergantung pada jenis penelitian yang dibuat oleh peneliti. Seperti halnya pengumpulan data kuantitatif pasti akan berbeda dengan penelitian dengan jenis data kualitatif.

Begitu juga data yang bersifat analisis tentu beda dengan data yang bersifat statistik. Dalam melakukan pengambilan data tidak boleh asal-asalan, harus ada teknik yang di ambil dalam melakukan pengolahan data penelitian. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang valid sehingga dapat dipertanggung jawabkan. Dan nantinya didapatkan sebuah informasi baru yang valid akan kebenarannya berdasarkan kesimpulan dari data yang diambil.







Tujuan dari pengumpulan data adalah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Sebelum melakukan pengumpulan data, peneliti harus sudah memiliki dugaan analisa berdasarkan hipotesis. Dari hipotesis tersebut dibuktikan melalui data yang akan di kumpulkan. Dalam hal ini data yang digunakan dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Data menurut cara memperolehnya

  • Data primer : yaitu data yang diperoleh secara langsung pada sumbernya atau objek penelitian. Dalam hal ini peneliti mendapatkan secara langsung data yang di ambil dari objek penelitian yang di lakukan.
  • Data sekunder : yaitu data yang diperoleh tidak secara langsung dari sumbernya atau objek penelitian, dengan kata lain peneliti mendapatkan data bisa melalui buku, jurnal dll.
2. Data menurut sifatnya
  • Data kualitatif : yaitu data yang bukan berbentuk angka, contoh dasarnya adalah pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi atau gabungan.
  • Data kuantitatif : yaitu data yang berbentuk angka secara pasti.
3. Data menurut sumbernya
  • Internal : yaitu data yang menggambarkan atau keadaan dalam sebuah organisasi
  • Eksternal : yaitu data yang menggambarkan keadaan diluar organisasi seperti di lingkungan masyarakat.

Metode-metode dalam pengumpulan data 


Sepeti yang sudah dijelaskan pada jenis data diatas, metode pengumpulan data juga terdapat beberapa jenisnya, jenis-jenis peggumpulan data seperti yang sudah di jelaskan pada contoh data kualitatif diatas. Dalam melakukan mengumpulan data tergantung dari jenis penelitian yang dilakukan, bisa menggunakan satu teknik pengumpulan data atau penggabungan dari teknik lainnya. Dan berikut adalah jenis-jenis pengumpulan data yang dimaksud.

1. Wawancara
Pengumpulan data dengan cara wawancara dilakukan tatap muka secara langsung dengan sumber data. Dalam teknik wawancara terdapat dua jenis dalam pengumpulannya.
  • wawancara terstruktur, dimana dalam pengambilan data wawancara dilakukan dengan sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali informasi yang bertujuan untuk mendapatkan data tersebut.
  • wawancara tidak terstruktur, dimana dalam teknik wawancara dalam mengajukan pertanyaan dilakukan secara bebas. 

2. Observasi
Metode pengumpulan data observasi adalah metode yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian. Dalam metode observasi juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu Participant observation dan Non participant observation.

Participant observation yaitu peneliti terlibat secara langsung dalam kegiatan sehari-hari orang atau situasi yang diamati sebagai sumber data.

Non participant observation merupakan observasi yang penelitinya tidak ikut secara langsung dalam kegiatan atau proses yang sedang diamati.


3. Kuisioner / Angket
Metode pengumpulan kuisoner yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.

Dalam jenisnya pengumpulan data kuesioner dapat dikategorikan dalam dua jenis, yakni kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Kuesioner terbuka adalah kuesioner yang memberikan kebebasan kepada objek penelitian untuk menjawab. Sedangkan  kuesioner tertutup adalah kuesioner yang telah menyediakan pilihan jawaban untuk dipilih oleh objek penelitian.





4. Studi Dokumen
Studi dokumen adalah jenis pengumpulan data yang meneliti berbagai macam dokumen yang berguna yang berhubungan dengan penelitin, studi dokumen dibagi menjadi dua yaitu studi dokumen primer dan sekunder.

Studi dokumen primer yang bersumber dari objek secara langsung dan mengalami peristiwa tersebut seperti aoutobiografi. Dan studi dokumen sekunder  adalah dokumen yang ditulis berdasarkan oleh laporan/ cerita orang lain seperti biografi.