Cara Membuat Proposal Skripsi Dijamin Langsung ACC !

Cara Membuat Proposal Skripsi Dijamin Langsung ACC !





Dalam membuat proposal skripsi tentunya bukan hal mudah, apalagi jika anda adalah mahasiswa baru yang baru mengambil matakuliah tugas akhir dan harus mengajukan proposal penelitian tugas akhir anda ke dosen pembimbing.

Namun hal tersebut bukan sesuatu yang susah jika kita mau mempelajari dasar-dasar pembuatan proposal, sehingga kita tidak kesulitan dalam membuatnya.

Hal umum yang menjadi kendala dalam penyusunan sebuah proposal skripsi adalah sulitnya merangkai kata-kata pada latar belakang penelitian, latar belakang dibuat tentunya tidak asal mengarang bebas. Harus didasari data dan fakta yang akurat pada setiap apa yang kita tuliskan pada latar belakang penelitian kita.

Kali ini ilmuskripsi akan memaparkan agar agan aganwati mahasiswa sekalian tidak galau dalam penyusunan proposal, sehingga sedikit memberi pencerahan untuk anda semua !


Hal pertama dalam penulisan proposal yang harus di perhatikan adalah struktur penulisan . YA struktur penulisan sangat penting dalam membuat latar belakang masalah, didalam struktur penulisan anda harus mampu menuliskan permasalahan secara runtut.

Dalam kenyataan banyak ditemukannya bermacam-macam penggunaan bahasa dalam penulisan ilmiah. Kenyataan ini sering tidak disadari oleh kebanyakan orang sehingga sering ditemukan masalah penggunaan bahasa baku dan nonbaku dalam penulisan karya ilmiah.

Tata bahasa ini nantinya akan terkait dengan kalimat yang akan di buat, dimana klimat yang dihasilkan dapat memenuhi syarat sebagai kalimat yang benar. Untuk mengenali apakah suatu kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat yang benar atau gramatikal, maka seseorang harus memiliki wawasan bahasa yang baik agar dapat mengenali kalimat-kalimat yang dihasilkan orang lain apakah gramatikal atau tidak. Namun hal ini tidak perlu anda kawatirkan ! karena bisa anda pelajari seiring berjalannya waktu.





Untuk menuliskan ide permasalahan, tentunya harus mengalir dari apa yang ada di pikiran anda, topik permasalahan harus benar-benar anda tuangkan didalam latar belakang masalah.

Penulisan pada paragraf pertama berisikan pengantar dari apa yang akan dibahas dari sub bab tersebut. Paragraf ke dua merupakan isi dari sub bab dan paragraf ke tiga merupakan penutup dari sub bab yang sekaligus mengantarkan pada sub bab berikutnya.

Berikut ini adalah contoh tahapan dalam menulis proposal penelitian.

Pendahuluan

  1. Latar Belakang Masalah
    Pada sub bab ini anda harus menjelaskan mengapa penelitian itu dibuat, atas dasar apa anda ingin membuat penelitian yang anda ambil. Sehingga penting bagi anda dalam menuangkan permasalahan dalam latar belakang ini harus ditulis berdasarkan data dan fakta dilapangan, sesuai dengan objek permasalahan anda. Perlu anda ketahui bahwasanya dalam sebuah penelitian hal utama yang terpenting adalah menentukan permasalahan yang ada dilapangan untuk kita angkat menjadi sebuah penelitian, jadi pada tahap ini anda harus banyak membaca literasi, buku atau jurnal yang berhubungan dengan penelitian anda.

  2. Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
    Pada tahapan ini anda harus menentukan masalah inti yang ingin anda selesaikan dengan penelitian tersebut, selanjutnya untuk membatasi agar permasalahan anda tidak melebar dari topik utama yang anda tentukan anda harus menentukan pula batasan permasalahan tersebut sampai dalam lingkup apa. Atau dengan kata lain batasan masalah berfungsi agar anda fokus pada hal yang ingin di teliti

  3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
    Tujuan masalah menggambarkan hasil-hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti, terangkan juga manfaat apa saja yang didapat jika anda melakukan penelitian pada permasalahan tersebut
  4. Metode Penelitian
    Dalam metode penelitian anda harus menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian yang akan dilakukan, mencakup cara pengumpulan data dan cara analisa data didalam penelitian tersbut

  5. Jenis Metode Penelitian
  6. Dalam jenis metode penelitian terdapat beberapa tahap dibawah ini a. Studi Pustaka : Semua bahan diperoleh dari buku-buku dan/atau jurnal. b. Studi Lapangan : Data diambil langsung di lokasi penelitian. c. Gabungan : Menggunakan gabungan kedua metode di atas.
  7. Sistematika Penulisan
    Pada tahapan ini anda menuliskan gambaran umum dari bab ke bab penelitian yang anda lakukan, sehingga dapat di gambarkan langkah apa saja pada setiap bab penelitian anda yang ingin anda tuliskan.


Baca juga : 4 Cara Menentukan Topik Skripsi

Bagaimana mudah bukan cara membuat proposal skripsi ?






Lalu bagaimana agar proposal anda di acc sama pembimbing anda?
Tentunya bukan hal mudah dalam membuat proposal skripsi agar bisa cepat disetujui oleh dosen pembimbing, tapi jangan kawatir saya akan memberikan beberapa tips agar dosbing sedikit mau memperhatikan proposal skripsi anda biar disetujui.

Langkah yang harus anda ambil, sembelum membuat proposal skripsi adalah anda harus mendiskusikan terlebih dahulu bersama dosbing anda sebaiknya topik atau permasalahan apa yang ingin anda ambil.

Setelah mendengarkan arahan dari dosbing segera lakukan pencarian literasi atau jurnal penelitian yang berhubungan dengan arahan dosbing, sebaiknya minimal anda mengambil 5 jurnal penelitian sebagai referensi.


Baca Juga : Contoh Proposal Penelitian


Lalu dari jurnal tersebut pelajari hasil penelitian yang didapat pada hasil pembahasan masing-masing jurnal. Ambil kesimpulan dan kembangkan menjadi suatu permasalahan baru untuk diteliti.

Pada setiap penelitian yang sudah selesai di lakukan pasti akan timbul permasalahan baru, anda harus pandai mencari permasalahan baru apa yang bisa di angkat untuk dijadikan bahan penelitian.

Setelah permasalahan baru didapat, sering-seringlah berdiskusi dengan dosbing. Usahakan dosbing sudah mengenal anda dan berusahalah akrab dengan dosbing ! karna ini penting. Dengan sering diskusi anda akan banyak mendapat wawasan dan lebih diperhatikan dosbing. Dengan demikian 90% lebih pasti proposal anda di ACC, dijamin !

Kuncinya anda sering berdiskusi dengan dosbing, buat dosbing suka dan nyaman berdiskusi dengan anda !

Semoga tulisan ini mencerahkan bagi anda yang baru akan mengambil tugas akhir, semangat !