JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif wayang berbasis web dengan pokok materi silsilah tokoh wayang mahabarata pada mata diklat seni pedalangan SMK Negeri 1 Kasihan Bantul dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut berdasarkan aspek perangkat lunak, desain pembelajaran dan komunikasi visual. Media pembelajaran interaktif ini diharapkan mampu memotivasi siswa untuk belajar wayang khususnya silsilah tokoh wayang mahabarata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Proses pengembangan media pembelajaran interaktif ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain: 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desain, 3) tahap implementasi dan 4) tahap pengujian. Pengujian dilakukan dengan dua tahap yaitu alpha testing, media pembelajaran divalidasi oleh ahli media, serta beta testing, media pembelajaran diujicobakan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul dengan melibatkan 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, data diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan mengkonversi data hasil rata-rata penilaian ke dalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat validasi pengembangan media pembelajaran interaktif wayang berbasis web dari hasil alpha testing sebesar 77,27% pada kategori sangat layak, sedangkan hasil beta testing sebesar 79,53% pada kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif wayang berbasis web sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. 

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, R&D, silsilah tokoh wayang, web 


Pendahuluan 

Media pembelajaran merupakan alat yang memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari guru kepada siswa [6]. Secara garis besar media pembelajaran memiliki manfaat dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa [5].

Peneliti: Novianto Yudha Laksana 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB