JURNAL: GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

JURNAL: GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

JURNAL: GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Membuat game sebagai media pembelajaran matematika kelas XI menggunakan Macromedia Flash 8, dan (2) Menguji tingkat kelayakan game sebagai media pembelajaran matematika kelas XI menggunakan macromedia flash 8. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) beberapa alur desain penelitian dari analisis, desain, implementasi, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk dan produk akhir. Objek penelitian berupa Game sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas XI Menggunakan Macromedia Flash 8. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Mlati sebanyak 50 siswa. Pengujian penelitian menggunakan ahli media dan ahli materi serta siswa kelas XI IPA sebgai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Perolehan data diolah dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan game ini. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 73,148% yang termasuk kategori sangat layak, ahli materi sebesar 82,292% yang dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 78,574% yang dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa game sebagai media pembelajaran matematika kelas XI menggunakan macromedia flash 8 sudah sangat layak sebagai media pembelajaran. 

Kata kunci: game, media pembelajaran, macromedia flash 8, matematika kelas XI IPA statistika 


Pendahuluan 

Perkembangan teknolongi dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat menimbulkan banyak masalah terutama pada dunia pendidikan. Salah satu yang menjadi penghambat proses belajar mengajar adalah keterbatasan dan penggunaan media, maka dari itu pentingnya penggunaan media sebagai salah satu cara untuk menarik minat belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan bantuan teknologi yang semakin canggih dan maju.

Peneliti: Nurul Widyastuti 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8