gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR LES PRIVAT UNTUK SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS LBB SYSTEM CERDAS)

Post a Comment
JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR LES PRIVAT UNTUK SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS LBB SYSTEM CERDAS)

ABSTRAK 

Lembaga bimbingan belajar les privat adalah salah satu usaha yang sedang berkembang pesat. Banyak siswa yang ingin mendaftar les privat sehingga lembaga sering melakukan pemilihan pengajar untuk mengajar siswa. Proses pemilihan pengajar menjadi hal yang sangat penting agar siswa mendapatkan pengajar sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu dibuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu lembaga dalam memilih pengajar agar lebih efisien dan efektif. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini menggunakan metode AHP yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah multikriteria. Kriteria yang menjadi pertimbangan dalam sistem pemilihan pengajar ini meliputi jenis kelamin siswa, jumlah jam mengajar pengajar setiap minggu, jumlah siswa yang diajar pengajar, masa kerja pengajar, jurusan pengajar serta semester pengajar. Setiap kriteria dibandingkan dengan nilai skala perbandingan Saaty agar mendapat nilai bobot untuk penilaian pengajar. Sistem yang dihasilkan dapat memberikan rangking pengajar berdasarkan nilai yang didapat pengajar sehingga dapat digunakan untuk pemilihan pengajar di lembaga bimbingan belajar. 

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Metode AHP , Pemilihan Pengajar.


PENDAHULUAN 

Sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi, semakin bertambah pula kebutuhan tentang kemampuan komputer dalam membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di berbagai bidang. Di antaranya sistem pendukung keputusan berbasis komputer, sistem ini adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model. Penyusunan model keputusan dilakukan dengan cara mengembangkan hubungan-hubungan logis yang mendasari persoalan keputusan ke dalam suatu model matematis, yang mencerminkan hubungan yang terjadi di antara faktor-faktor yang terlibat. Banyak metode yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini banyak digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Hal ini disebabkan metode AHP memperhitungkan validasi nilai sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai kriteria, struktur AHP yang berhierarki serta metode AHP memperhitungkan daya tahan output analisis sensitivitas pengambilan keputusan. Beberapa permasalahan rumit yang telah diselesaikan dengan metode AHP, misalnya dalam penerimaan karyawan [1], penentuan prioritas usulan sertifikasi guru [2], penjadwalan trucking dan heavy equipment rental [3], dan penentuan mustahik [4]. Dewasa ini sistem pendukung keputusan pemilihan pengajar les privat yang mengajar siswa di Lembaga Bimbingan Belajar System Cerdas menjadi permasalahan yang cukup rumit. Lembaga Bimbingan Belajar System Cerdas merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar les privat yang terletak di Perum Bukit Diponegoro C 229 kecamatan Tembalang, kota Semarang. Lembaga ini berdiri pada tahun 2007. Lembaga ini kurang lebih memiliki 60 pengajar.




Peneliti : Lusiana Kristiyanti

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

JURNAL : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR LES PRIVAT UNTUK SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS LBB SYSTEM CERDAS)

Related Posts

Post a Comment