gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL: SISTEM INFORMASI KEANGGOTAAN KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DAERAH JAKARTA

Post a Comment
JURNAL: SISTEM INFORMASI KEANGGOTAAN KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DAERAH JAKARTA

Abstrak

Sebagai sebuah organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah Jakarta membutuhkan suatu sistem informasi untuk meningkatkan kinerja dalam organisasi ini. Pada sistem pengolahan data anggota dan indeks jati diri kader di KAMMI Daerah Jakarta, semua data disimpan dalam lembar kerja spreadsheet. Proses pengorganisasian data antara daerah dan komisariat tentunya ada hubungan satu sama lain, sehingga dalam keadaan yang mendesak tidak menutup kemungkinan terjadi kesulitan dalam mengorganisir data anggota disebabkan format data yang berbeda, format pelaporan berbeda, dan pencarian informasi anggota yang sulit karena masih manual, maka diperlukan suatu aplikasi yang dapat menyimpan dan mengorganisir data sehingga mudah untuk diakses oleh kader/anggota. Melihat permasalahan tersebut, penulis ingin mengembangkan sebuah sistem informasi keanggotaan berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk mempertahankan, memperbaharui, menjaga keselarasan format pendataan, pelaporan dan mencari informasi anggotanya dengan mudah dan cepat. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah Rapid Application Development (RAD). Pada akhirnya, diharapkan dengan adanya sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam mengorganisir data anggota dengan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Sistem Informasi Keanggotaan,anggota,Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Rapid Application Development (RAD), Unified Modelling Language (UML), Black Box Testing


Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika. (Wardiana, 2003:1)
Saat ini hampir semua instansi baik resmi maupun non resmi telah memanfaatkan teknologi ini, tujuannya untuk meningkatkan manajemen dan kinerja organisasi, yaitu dengan mengembangkan sistem informasi dari instansi tersebut. Di antara aplikasi sistem informasi yang banyak dikembangkan adalah sistem informasi berbasis web yang mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya serta dapat diakses oleh semua orang. (Hilwa, 2007:1)

Peneliti: Khodijah Hulliyaha 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: SISTEM INFORMASI KEANGGOTAAN KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DAERAH JAKARTA



Related Posts

Post a Comment