JURNAL: PROTOTYPE APLIKASI UNTUK MENGUKUR KEMATANGAN BUAH APEL BERDASAR KEMIRIPAN WARNA

JURNAL: PROTOTYPE APLIKASI UNTUK MENGUKUR KEMATANGAN BUAH APEL BERDASAR KEMIRIPAN WARNA

JURNAL: PROTOTYPE APLIKASI UNTUK MENGUKUR KEMATANGAN BUAH APEL BERDASAR KEMIRIPAN WARNA

Abstrak 

Industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan sangat berkembang pesat. Salahsatu tahap dalam proses pengolahan hasil perkebunan adalah pemilahan produk berdasar kualitasnya (misalnya tingkat kematangan buah). Proses pemilahan produk hasil pertanian dan perkebunan umumnya sangat bergantung pada persepsi manusia terhadap faktor komposisi warna yang dimiliki citra (buah-buahan). Persepsi manusia terhadap suatu citra cenderung didominasi oleh faktor komposisi warna yang dimiliki citra. Dengan histogram dapat dicari citra yang memiliki kemiripan komposisi warna. Pengukuran tingkat kemiripan dilakukan dengan menghitung jarak antar histogram. Komposisi warna dapat ditampilkan dalam bentuk histogram yang merepresentasikan distribusi jumlah piksel untuk tiap intensitas warna dalam citra. Dalam penentuan tingkat kematangan buah apel, dapat ditentukan berdasarkan komposisi warnanya. Sebagai pembanding adalah histogram warna buah yang sudah matang. Sedangkan query berupa buah apel yang akan dibuat histogram kemudian dibandingkan. Sistem deteksi kemiripan citra yang telah dibuat dapat menemukan kemiripan antar citra berdasarkan nilai jarak antar histogramnya. Informasi yang dihasilkan berupa prosentase kemiripan dan penggolongan kematangan buah yang meliputi mentah, mengkal, dan matang. Ini dibuktikan dengan hasil percobaan pada program yang telah dibuat menunjukkan bahwa citra yang memiliki kemiripan distribusi warna citra yang sama persis memiliki selisih jarak sama dengan nol. 

Kata kunci : pengolahan citra, histogram, komposisi warna, euclide 108 Iswahyudi, Prototype Aplikasi Untuk Mengukur Kematangan Buah Apel Berdasar Kemiripan Warna 

Pendahuluan

Industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan sangat berkembang pesat. Salahsatu tahap dalam proses pengolahan hasil perkebunan adalah pemilahan produk berdasar kualitasnya (misalnya tingkat kematangan buah). Proses pemilahan produk hasil pertanian dan perkebunan umumnya sangat bergantung pada persepsi manusia terhadap faktor komposisi warna yang dimiliki citra (buah-buahan). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan citra digital memungkinkan untuk memilah produk pertanian dan perkebunan tersebut secara otomatis dengan bantuan aplikasi pengolah citra.

Peneliti: Catur Iswahyudi 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PROTOTYPE APLIKASI UNTUK MENGUKUR KEMATANGAN BUAH APEL BERDASAR KEMIRIPAN WARNA