Jurnal: Penggabungan Objek Virtual Dengan Objek Nyata Pada Augmented Reality Untuk Museum Lampung

Jurnal: Penggabungan Objek Virtual Dengan Objek Nyata Pada Augmented Reality Untuk Museum Lampung

Jurnal: Penggabungan Objek Virtual Dengan Objek Nyata Pada Augmented Reality Untuk Museum Lampung


Abstrak

Informasi tentang benda-benda bersejarah di Museum Lampung umumnya berupa teks yang bersifat statis dan terbatas. Informasi tentang objek sebagai nama objek, asalkan objek, benda yang berguna, serta fungsi yang ditemukan pada bendabenda museum hanya berbentuk teks statis dengan font kecil sehingga terlihat kurang informatif dan menarik. Penerapan teknologi augmented reality digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang berguna sebagai media informasi tambahan tentang benda-benda di Museum Lampung berupa teks virtual, objek 3D, animasi, audio, dan video. Aplikasi ini dibangun menggunakan perangkat lunak perpustakaan ARToolKit untuk menampilkan informasi tambahan dalam bentuk teks virtual, objek 3D, dan animasi. Macromedia Flash Player 8 digunakan sebagai interface tambahan untuk menampilkan informasi dalam bentuk audio dan video. Aplikasi ini diberi nama ARMULA, yang merupakan singkatan dari Augmented Reality Museum Lampung. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membuat objek lebih informatif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat dan daya tarik masyarakat ke Museum Lampung. 

Kata Kunci: ARMULA, ARToolKit, Augmented Reality, Perpustakaan, Museum Lampung 

Pendahuluan

Museum merupakan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda hasil seni budaya manusia serta alam beserta lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. Peran museum yaitu sebagai lembaga pendidikan non formal yang lebih menonjolkan aspek edukasi daripada aspek rekreasi. Museum juga merupakan salah satu lembaga pelestari kebudayaan bangsa berupa fisik dan nonfisik. Namun masih jarang masyarakat Indonesia yang menjadikan museum sebagai tempat tujuan belajar dan rekreasi. 

Peneliti: Ossy Dwi Endah Wulansari

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Jurnal: Penggabungan Objek Virtual Dengan Objek Nyata Pada Augmented Reality Untuk Museum Lampung