JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DAN XML SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DAN XML SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DAN XML SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta, (2) Mengetahui kinerja media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Validator penelitian ini adalah tiga orang ahli media pembelajaran dan dua orang ahli materi yaitu guru mata pelajaran KKPI. Subjek uji coba terdiri tiga puluh siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta melalui lima tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, dan ujicoba lapangan, (2) Kinerja media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta setelah dilakukan Black Box Testing, pengujian oleh ahli media dan materi diperoleh hasil bahwa media pembelajaran sudah berfungsi dengan baik dan benar, (3) Kelayakan media pembelajaran KKPI berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan XML untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta dapat dilihat dari 3 pengujian yaitu: (a) Berdasarkan validasi ahli media, media pembelajaran ini telah layak digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori baik karena memiliki rerata skor keseluruhan sebesar 3.95, (b) Berdasarkan validasi ahli materi, media pembelajaran ini juga telah layak digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori baik karena memiliki rerata skor keseluruhan sebesar 3.86, (c) Berdasarkan ujicoba lapangan oleh siswa, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori baik karena memiliki rerata skor sebesar 3.09.

Kata kunci: pengembangan, media, KKPI 

Pendahuluan 

Pembelajaran sering diartikan sebagai kegiatan dimana guru dan siswa saling berinteraksi, namun pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan guru agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu pengetahuan, penguasaan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan baik.

Peneliti: Luluk Nur Annisa

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 DAN XML SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA