Abstrak
Perubahan pikiran manusia dan seni tradisional kehidupan influnce modern, terutama Wayang Indonesia telah mulai jarang dilakukan. Oleh karena itu, dengan teknologi dan sumber daya komputer yang dapat digunakan untuk menunjukkan pertunjukan wayang seni dalam penelitian ini dilakukan boneka desain aplikasi virtual yang menggunakan Augmented Reality. Aplikasi ini dijalankan menggunakan boneka virtual kamera digital real-time, juga menggunakan spidol dan komputer. Melalui kamera, aplikasi boneka virtual akan mengidentifikasi penanda dan kemudian melakukan objek 3D pemuatan berbentuk boneka yang dapat memudahkan user untuk berinteraksi dengan boneka virtual. Bertindak Pengguna sebagai dalang yang akan memberikan sesuai dengan wayang golek wayang golek cerita dan juga memuat aplikasi pendukung untuk bermain gamelan dan suara sinden seperti pertunjukan wayang yang sebenarnya. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman C, ARToolkit perpustakaan, Blender, dan opensource Lazarus berbasis. Aplikasi ini telah diuji dan hasil yang diperoleh melalui kuesioner bahwa aplikasi ini dapat memotivasi pengguna untuk mempelajari wayang seni menggunakan aplikasi ini.
Kata kunci: wayang, virtual, augmented reality, opensource
Pendahuluan
Kesenian wayang tidak sekedar seni pertunjukan, tetapi wayang adalah ekspresi nilai-nilai masyarakat yang membentuk identitas budaya sebuah komunitas, khususnya Jawa. Dalam batas-batas tertentu, wayang bagi masyarakat Jawa adalah laku spiritual. Ia sangat mengajari, tuntunan, dan tatanan nilai kultural, melalui representasi.
Peneliti: Ossy Dwi Endah Wulansari
Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Post a Comment
Post a Comment