JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI

JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI

JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI


Abstrak

Robot sepak bola merupakan perpaduan antara olah raga, teknologi robotika, dan multi agent system. Untuk mencapai tujuan, selain membutuhkan kecerdasan individu, juga menuntut kemampuan kerja sama antar individu. Posisi robot ketika bermain mempengaruhi kemampuan robot dalam bekerja sama dan memilih aksi yang sesuai. Dalam tulisan ini akan disajikan hasil penelitian kami dalam penerapan algoritma particle swarm optimization (PSO) untuk menentukan posisi robot ketika bermain sepak bola. Hasil pengujian pada simulasi RoboCup Soccer dua dimensi menunjukkan bahwa tim robot sepak bola yang menggunakan algoritma PSO memiliki performa bermain lebih baik ketimbang tim sebelum menggunakan algoritma PSO. 

Kata kunci : simulasi robot sepak bola, robocup soccer, particle swarm optimization, pemosisian agent, multi agent system


Pendahuluan 

Penelitian di bidang artificial intelligence (AI) atau intelijensia buatan dan teknologi robotika terus dilakukan untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan oleh manusia untuk membantu aktivitas kesehariannya. Pengembangan dan penggunaan robot dapat ditemukan di berbagai bidang, seperti: dunia industri, pertahanan dan kemanan nasional, rumah tinggal, perawatan medis, penyelamatan, penjelajahan laut dalam, dan lain-lain. Penggunaan banyak robot atau sering dikenal dengan istilah swarm robotics dalam sebuah sistem menghadapi persoalan yang lebih rumit ketimbang robot tunggal, seperti: kerja sama, koordinasi, dan negosiasi di antara robot-robot tersebut. Salah satu contoh swarm robotics adalah robot sepak bola, yang dibangun selain untuk mempromosikan sains dan teknologi, juga untuk membuat robot-robot yang dapat saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada tahun 1993, para peneliti dari Jepang bernama Kitano, Asada, dan Kuniyoshi mengembangkan program penelitian bernama Robot J-League, yang kemudian berkembang secara internasional dan mengubah namanya menjadi Robot World Cup atau disingkat RoboCup [1]. Salah satu kompetisi yang diagendakan oleh RoboCup adalah simulasi robot sepak bola dua dimensi dengan menyediakan tools berupa seperangkat perangkat lunak simulator bernama RoboCup Soccer Server. 

Peneliti: Galih Hermawan

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI