JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI ECOMMERCE MENGGUNKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS ADE BATIK & HANDYCRAFT)

JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI ECOMMERCE MENGGUNKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS ADE BATIK & HANDYCRAFT)

JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI ECOMMERCE MENGGUNKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS ADE BATIK & HANDYCRAFT)

Abstract 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa berbagai dampak positif bagi kegiatan usaha. E-Commerce merupakan salah satu solusi aplikasi bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan penjualan dan menekan biaya promosi. Aplikasi E-Commerce ini akan di aplikasikan pada Ade Batik & Handycraft yang merupakan salah satu UMKM di kota Semarang. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan para pelanggan Ade Batik & Handycraft dalam melakukan transaksi pembelian, karena semua nya dilakukan secara online mulai dari pemilihan produk yang akan di beli, pemesanan, dan pembayaran. Selain itu aplikasi ini juga memudahkan pemilik usaha untuk membuat laporan penjualan, seluruh transaksi secara otomatis akan tercatat pada system. Aplikasi ini di design sederhana dan menarik dengan tujuan untuk menarik minat pembeli dan memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli. 

Kata kunci : E-Commerce, Batik, Handycraft.

Pendahuluan

Dunia maya merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi informasi dan telekomuniksi. dimana setiap individu dapat berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan waktu maupun tempa yang dapat menghalanginya. Dengan kata lain globalisasi sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh individu melalui faailitas internet. Salah satu dampak dari perkembangan tersebut adalah di sektor bisnis. E-commerce merupakan salah satu aplikas untuk kegiatan bisnis yang memungkinkan para pelaku bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk memaksimalklan penjualan, mengurani biaya promosi dan memudahkan komunikasi antara pembeli dan penjual. Belanja online adalah suatu jenis mekanisme kegiatan jual beli yang dilakukan dengan menggunakan teknologi berbasis jaringan digital (internet), sehigga meminimalisir kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Pada era globalisasi saat ini, para pengusaha di tuntut untuk dapat memanfaatkan aplikasi e-commerce guna meningkatkan kinerja dan eksistensi dalam dunia bisnis. Dengan aplikasi e-commerce, hubungan antar penjual dan pembeli dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah daripada kegiatan jual beli secara konvensional. Atas dasar hal tersebut penulis mencoba membuat sebuah aplikasi e-commerce yang akan diaplikasikan pada salah satu pengusaha kecil menengah dikota semarang. Ade batik dan handycraft merupakan salah satu anggota UMKM cluster kerajinan di kota semarang. Usaha ini di rintis dengan memproduksi kain batik dan kemudian di kreasikan menjadi kerajinan seperti tudung saji, tempat tisu, dan sarung bantal, sedangkan untuk produk pakaian jadi di buat berdasarkan pesanan. Pemilik usaha membuka workshop sederhana di rumah nya sendiri untuk mendisplay produk. Sedangkan untuk memperkenal kan produk nya Ade Batik & Handycraft aktif dalam kegiatan – kegiatan bazaar yang sering di adakan oleh Disperindah dan beberapa instansi pemerintahan di bidang pengembangan UMKM. Tak jarak Ade Batik & Handycraft juga di tunjuk untuk mewakili Jawa Tengah di kegiatan bazaar UMKM tingkat nasional.


Peneliti : Masrifah

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

JURNAL : RANCANG BANGUN APLIKASI ECOMMERCE MENGGUNKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS ADE BATIK & HANDYCRAFT)