Jurnal : Perancangan dan Analisis Kinerja Private Cloud Computing dengan Layanan Infrastructure-As-A-Service (IAAS)

Jurnal : Perancangan dan Analisis Kinerja Private Cloud Computing dengan Layanan Infrastructure-As-A-Service (IAAS)

Abstrak 

Mesin server merupakan salah satu penunjang dan komponen utama yang harus ada dalam mengembangkan suatu karya ilmiah dengan berbasis web. Mahalnya server menjadi kendala mahasiswa/mahasiswi dalam menghasilkan suatu karya ilmiah. Konfigurasi server yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja menjadi sebuah keinginan mendasar, selain pemesanan mesin yang mudah, cepat dan fleksibel. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dapat menangani permasalahan tersebut. Cloud computing dengan layanan Infrastructure-As-A-Serveice (IAAS) dapat menyediakan sebuah infrastruktur yang handal. Untuk mengetahui kinerja sistem diperlukan suatu analisis performance antara server cloud (instance) dengan server konvensional. Hasil penelitian dari analisis kinerja private cloud computing dengan layanan Infrastructure-As-A-Service (IAAS) ini menunjukkan bahwa perbandingan kinerja satu server cloud atau server virtual cloud dengan satu server konvensional tidak jauh berbeda namun akan terlihat perbedaan kinerja yang signifikan jika dalam satu server node terdapat lebih sari satu server virtual dan sistem ini memberikan tingkat penggunaan resource server yang lebih maksimal. 

Kata kunci—Cloud Computing, Infrastructure As-A-Service (IAAS), analisis Performance.


Pendahuluan

Komputer pada dasarnya adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan matematis atau komputasi matematis. Perkembangan teknologi menghasilkan beberapa metode komputasi, salah satunya adalah cloud computing yang menjadi semakin berkembang akhir-akhir ini. Mell dan Grance [1], melalui NIST (National Institute of Standards and Technology) memberikan pengertian cloud computing adalah suatu model komputasi yang memberikan kemudahan, kenyamanan, dan sesuai dengan permintaan (on-demand access) untuk mengakses dan mengkonfigurasi sumber daya komputasi (network, servers, storage, applications, and service) yang bisa dengan cepat dirilis tanpa adanya banyak interaksi dengan penyedia layanan. NIST menetapkan bahwa terdapat lima karakteristik dari Cloud, tiga servis model, dan empat model pengembangan. Disini nampak NIST mengusulkan agar adanya sebuah ketetapan dan standarisasi tentang cloud computing. 

Menurut Tsai dan Lin [2], dalam penelitiannya tentang membangun enterprise data center menggunakan teknologi virtual dan cloud menyatakan bahwa dengan memanfaatkan cloud computing maka akan mendapatkan banyak keuntungan diataranya adalah pemanfaatan resource yang lebih maksimal dan penghematan dalam sumber daya listrik. Selain itu cloud computing dapat membantu perusahaan meningkatkan kreasi dan penyampaian dari solusi teknologi informasi, dengan mengizinkan untuk mengakses layanan yang lebih fleksibel dan biaya yang efektif [3]. 

Salah satu model penyebaran cloud computing adalah Private Cloud. Private Cloud infrastruktur merupakan layanan cloud yang dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi/perusahaaan tertentu. Infrastruktur cloud ini biasanya dikelola oleh suatu organisasi atau oleh pihak ketiga. Lokasinya pun bisa on-site atau off-site. Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki/mengelola private cloud ini. Cearley [3], menyatakan bahwa dalam public cloud computing, penyedia pihak ketiga memberikan pelayanan kepada pelanggan eksternal sedangkan dalam private cloud computing teknologi informasi memberikan layanan kepada pelanggan internal. Tujuan utama penyebaran private cloud tidak menjual kapasitas melalui jaringan internet dengan publicly accessible interfaces tetapi memberikan pengguna lokal fleksibelitas dan kecepatan dari infrastruktur private ini. Ada beberapa fitur yang harus disediakan dalam private cloud agar memiliki fitur yang sama dengan fitur pada public cloud. Intinya private cloud nantinya bisa dikembangkan menjadi hybrid cloud [4].



Untuk lebih lengkapnya silahkan klik link donwload dibawah ini :

Jurnal : Perancangan dan Analisis Kinerja Private Cloud Computing dengan Layanan Infrastructure-As-A-Service (IAAS)