JURNAL : PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MARKETING PADA UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

JURNAL : PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MARKETING PADA UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

JURNAL : PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MARKETING PADA UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

Abstract

Increasing competition in the business world makes a lot of companies vying in creating innovative marketing strategies . Adapting technology into marketing strategy has become one of the attractive solution for businesses . One form of the use of technology in the marketing strategy is the use of Augmented Reality technology . The objective to be achieved is to make advertising interesting and innovative with the use of Augmented Reality technology in Stikubank University Semarang . This application requires a webcam ( camera ) as the input source , then the application will track and detect the marker ( marker ) . Once the marker is detected , then the object will be drawn above the building Unisbank marker as if the building was real . To create 3D objects using SketchUp and then change the format to the format supported by this application . While the manufacture of Augmented Reality using software OpenSpace3D . The results of this application is the visualization of the building Unisbank brochures displayed using Augmented Reality technology so that these applications can enhance competitiveness in marketing . 

Keyword: Augmented Reality, SketchUp 3D, OpenSpace3D

Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini berkembang sangat cepat dan memegang peranan penting dalam berbagai hal. Komputer merupakan salah satu bagian penting dalam peningkatan teknologi informasi selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat yang modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari sesuatu yang baru dan unik. Karena persaingan di segala aspek yang kian ketat dan terus meningkat. Terutama bagi pelaku bisnis, perusahaan dan yang lainnya, untuk berkreativitas promosi memasarkan produk mereka yang di lakukan juga semakin inovatif. Salah satu cara yang paling umum adalah memasang billboard raksasa di jalan – jalan yang ramai untuk menarik perhatian. Bahkan sekarang ini sudah ada teknologi membuat gambar loncat keluar ke layar, gambar yang tampak loncat itu merupakan citra 3Dimensi (3D). UNISBANK merupakan Universitas berbasis Teknologi Informasi, untuk membantu promosi iklan yang menarik maka penulis mengadaptasikan teknologi Augmented Reality ke dalam setrategi pemasaran. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk pemasaran yang dapat ditemui dalam sebuah iklan kreatif, semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis bagian promosi suatu perusahaan dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan setrategi pemasaran.


Peneliti : Anggoro Adi Purwoko

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

JURNAL : PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MARKETING PADA UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG