Jurnal : Kajian Data Mining Customer Relationship Management pada Lembaga Keuangan Mikro

Jurnal : Kajian Data Mining Customer Relationship Management pada Lembaga Keuangan Mikro

Abstrak 

Perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan yang akan semakin ketat dengan perusahaan lain, termasuk lembaga keuangan mikro. Makin intensifnya persaingan yang dihadapi, telah menyebabkan banyak bisnis di lembaga keuangan mikro mencari strategi yang menguntungkan untuk membedakan dari yang lain. Strategi yang dapat diterapkan adalah menerapkan Customer Relationship Management (CRM) dan data mining. Data mining dapat digunakan untuk lembaga keuangan mikro yang mempunyai data cukup besar. Menentukan nasabah potensial dengan segmentasi nasabah dapat membantu pengambilan keputusan strategi marketing yang akan diterapkan perusahaan. Makalah ini mendiskusikan beberapa teknik data mining yang dapat digunakan untuk segmentasi nasabah. Teknik data mining yang diusulkan yaitu metode fuzzy clustering dengan algoritma fuzzy C-Means dan fuzzy RFM.

Kata kunci: Customer Relationship Management; Data mining; Fuzzy clustering; Fuzzy C-Means; Fuzzy RFM, Lembaga keuangan mikro


Pendahuluan 

Perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan yang akan menjadi semakin ketat dengan perusahaan lain. Makin intensifnya persaingan yang dihadapi, telah menyebabkan banyak lembaga keuangan mikro mencari cara yang menguntungkan untuk membedakan dari yang lain. Tetapi terkadang perusahaan cenderung melupakan bahwa pelanggan merupakan salah satu aset yang sangat berperan dalam pencapaian tujuan tersebut. Salah satu strategi yang diterapkan ialah Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para stakeholder maupun shareholdernya. Penerapan Customer Relationship Management pada lembaga keuangan ialah mengefisiensikan dan mengefektifkan kegiatan bisnis utama dengan kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menganalisa data nasabah, produk, layanan, kegiatan operasi, Diperlukan biaya lima kali lebih banyak untuk mencari nasabah baru dibandingkan mempertahankan nasabah yang sudah ada (Cheng dan Chen, 2009). Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka.


Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link dibawah ini :

Jurnal : Kajian Data Mining Customer Relationship Management pada Lembaga Keuangan Mikro