Jenis Permasalahan Data Mining : Associoation Rule Discovery dan Squential Pattern Discovery

Jenis Permasalahan Data Mining : Associoation Rule Discovery dan Squential Pattern Discovery

Associoation Rule Discovery

Dalam satu grup, tiap anggota memiliki hubungan satu dengan yang lain, juga terhadap grup-grup yang lain. Keterhubungsn itu kemudian dibuat hukum/aturan yang dapat dijadikan patokan kebijakan dari pengguna. Sebagai contoh data yang berasal dari penjualan supermarket.

Misalnya berdasarkan data pembelian yang ada ternyata banyak pembelian beberapa botol minuman bir disertai dengan pembelian popok bayi. Sehingga pengaturan letak posisi stan penjualan minuman bir sebaiknya berdekatan dengan stan penjualan popok bayi. Contoh yang lain adalah pada aplikasi berbasis web, dimana kecenderungan suatu user mengakses situs tertentu setelah suatu situs dia akses dapat dijadikan patokan suatu perusahaan dalam menawarkan produk ke user tersebut. Kecendderungan user dapat diketauhi dari aktivitasnya menelusuri dunia maya, misal setelah dia mengakses situs A akan cenderung mengakses kesitus B dan seterusnya


Pencarian pola beruntun / Squential pattern discovery

banyak sistem yang cara kerjanya berurutan seperti prosedur-prosedur tertentu, akses ke suatu halaman situs, protein dalam rangkaian Asam Dioksi Ribonukleat (DNA), dan sebagainya. Dengan memiliki riwayat pada sistem-sistem tersebut kita dapat mengetahui pola-pola yang dihasilkannya. Tugas perancang data mining adalah mengetahui pola-pola berurutan dari data-data yang tersebar tersebut. Contoh aplikasi-aplikasi yang diterapkan misalnya :
  1. Dalam suatu pasar swalayan diketahui data transaksi nasabah yang belanja disitu. Jika ditelusuri, seorang nasabah akan diketahui rangkaian urutan belanja dalam rentang waktu  tertentu.
  2. Dalam dunia kedokteran beberapa penyakit memiliki gejala-gejala yang berurutan. Misalnya demam berdarah dimulai dengan demam yang disertai bercak-bercak tertentu pada kulit, dilanjutkan dengan fase kritis dimana demam mulai mereda, dan seterusnya.
  3. Dalam dunia meteorologi, rangkaian cuaca dapat digunakan untuk memprediksi iklim yang terjadi dan dapat memprediksi adanya badai, sunami, dan bencana lainnya yang melibhatkan perubahan cuaca




Sumber pustaka : Pudjo Prabowo. Buku Penerapan Data Mining Dengan Matlab. Bandung: Rekayasa Sains. 2013