Jurnal : Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Guru Berbasis Web Pada SMAN 6 Tangerang

Jurnal : Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Guru Berbasis Web Pada SMAN 6 Tangerang

Abstrak 

Sistem penggajian merupakan fungsi penting yang menjadi Tanggung jawab Manajemen Sumber Daya Manusia. Fungsi utamanya adalah memberikan kompensasi untuk pegawai berupa gaji sebagai ganti kontribusi mereka terhadap organisasi/instansi. Penggajian merupakan salah satu proses dalam organisasi yang rentan terhadap masalah. Pengolahan data yang lambat dapat mengakibatkan lambatnya penyajian informasi sehingga dimungkinkan pula terjadi keterlambatan pembayaran gaji. Ditambah lagi jika terjadi kesalahan perhitungan dapat menjadikan informasi menjadi tidak akurat. Hal ini menjadikan sistem penggajian perlu didukung dengan sistem informasi yang baik. Penelitian ini dalam rangka melakukan pengembangan sistem terhadap sistem pengolahan data penggajian pada SMA Negeri 6 Tangerang, meliputi: analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem serta pemeliharaan sistem. Website ini dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak Macromedia Dreamweaver 8, Apache 2.2.3, PHP 5.2, dan MySQL 5.0, website ini berfungsi untuk mengolah informasi tentang penggajian guru di SMA Negeri 6 Tangerang dan memberikan kemudahan bagi user / pengguna mendapatkan informasi data pribadi yang berhubungan dengan keberadaannya di kantor tersebut. Tujuan Website ini adalah untuk mempermudah meng-update data dan menyajikan informasi yang akurat untuk tiap guru pada waktu yang diinginkan. 

Kata Kunci : sistem penggajian, Website, Macromedia Dreamweaver 8, Apache 2.2.3, PHP 5.2, MySQL 5.0


Pendahuluan

 Seiring dengan perkembangan yang semakin pesat, penggunaan komputer memegang peranan penting dalam berbagai bidang yang saling mendukung dalam aspek kehidupan. Termasuk didalamnya sistem pengolahan data dan informasi yang tidak dapat begitu saja dipisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena tanpa adanya sistem pengolahan data, maka kegiatan dalam sebuah organisasi tidak dihasilkan. Hal ini menjadi hambatan untuk aktifitas dan pelaksanaan kegiatan sekolah. Dalam suatu organisasi pasti memiliki karyawan, dimana setiap bulan mereka akan menerima gaji sebagai imbalan yang harus dibayarkan kepada karyawan karena jasa atau hasil kerjanya pada suatu perusahaan atau instansi. 
Masalah penggajian termasuk masalah yang rumit, sebab masalah ini tidak saja menyangkut beberapa rupiah seorang karyawan yang harus digaji atas pekerjaannya, melainkan juga memiliki implikasi yang luas ditinjau dari sistem pengupahan. Sistem yang digunakan saat ini masih menggunakan sistem manual, sehingga dalam proses perhitungan gaji masih menggunakan waktu yang lama dan lambat, maka dengan adanya sistem komputerisasi ini diharapkan akan lebih mempermudah pekerjaan manusia, dimana computer dibutuhkan untuk membantu dalam menghitung gaji agar lebih cepat dalam penghitungan. Efesien dalam penggunaan waktu penyelesaian dan terhindar dari kesalahan perhitungan.


Untuk lebih lengkapnya silahkan download melalui link dibawah ini :

Jurnal : Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Guru Berbasis Web Pada SMAN 6 Tangerang