JURNAL : TINJAUAN KEAMANAN SISTEM PADA TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

JURNAL : TINJAUAN KEAMANAN SISTEM PADA TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

JURNAL : TINJAUAN KEAMANAN SISTEM PADA TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING
Abstrak
Dalam perspektif teknologi informasi, cloud computing atau komputasi awan dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang memanfaatkan internet sebagai resource untuk komputasi yang dapat di-request oleh pengguna dan merupakan sebuah layanan dengan pusat server bersifat virtual atau berada dalam cloud (internet) itu sendiri. Banyak perusahaan yang ingin memindahkan aplikasi dan storage-nya ke dalam cloudcomputing. Teknologi ini menjadi trend dikalangan peneliti dan praktisi IT untuk menggali potensi yang dapat ditawarkan kepada masyarakat luas. Tetapi masih banyak isu keamanan yang muncul, karena teknologi yang masih baru. Salah satu isu keamanannya adalah Theft of Information, yaitu pencurian terhadap data yang disimpan di dalam Storage aplikasi yang menggunakan teknologi Cloud Computing. Kerugian yang akan diperoleh oleh pengguna teknologi ini sangat besar, karena informasi yang dicuri menyangkut data rahasia milik perusahaan, maupun data-data penting lainnya.
Beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya pencurian data ini, yaitu dengan menghindari jenis ancaman keamanan berupa kehilangan atau kebocoran data dan pembajakan account atau service, serta Identity Management dan access control adalah kebutuhan yang utama bagi SaaS Cloud computing perusahaan. Dan salah satu metode yang digunakan dalam keamanan data aspek autentikasi dan otorisasi pada aplikasi atau service cloud computing adalah teknologi Single-sign-on. Teknologi Single-sign-on (SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen, juga pada jaringan cloud computing. Dengan menggunakan SSO, seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang terdapat di dalam jaringan.
Kata Kunci : Storage, Aplikasi, Software as a Service, Cloud Computing, Identity Management, access control, Single Sign On

DOWNLOAD JURNAL